Perbaikan Kinerja Picker Gudang Finished Goods dengan Penerapan Sistem Kanban untuk Minimasi Retur di PT XYZ

Penulis

  • Sita Mustika Permata Putri Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jlscc.v3i2.2508

Kata Kunci:

On Time Delivery, Keterlambatan, Retur, Picker, Just in Time, Sistem Kanban

Abstrak

PT XYZ yang berlokasi di Kota Cimahi memiliki produk yang dihasilkan berupa kaus kaki yang diekspor ke berbagai negara. Sistem produksi dengan tujuan On Time Delivery menjadi sasaran utama pencapaian PT XYZ dalam melangsungkan bisnisnya di kancah dunia. Latar belakang penelitian ini terletak pada aktivitas gudang finish good khususnya picker gudang yang belum memenuhi permintaan konsumen dengan tepat waktu. Pengiriman barang oleh picker gudang yang diperoleh hanya 80,77% dari keseluruhan pesanan sehingga mengakibatkan retur barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab keterlambatan pengiriman yang mengakibatkan retur di PT XYZ, membuat sistem Kanban untuk mengatasi keterlambatan pengiriman dan minimasi retur serta menghitung efisiensi kinerja picker gudang setelah diterapkannya sistem Kanban. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung terhadap picker gudang. Pengolahan data yang dilakukan yaitu dengan mengidentifikasi penyebab keterlambatan pengiriman barang menggunakan diagram fishbone, menerapkan sistem Kanban dengan mengidentifikasi aliran kanban, pos kanban, dan menentukan jumlah kanban sebagai upaya perbaikan meminimalisir keterlambatan pengiriman dan minimasi retur serta melakukan perhitungan efisiensi kinerja picker gudang berdasarkan pengukuran waktu kinerja picker. Hasil penelitian ini yaitu identifikasi penyebab keterlambatan pengiriman barang berdasarkan rangkuman Focus Group Discussion (FGD) dari diagram fishbone, diperoleh akar masalah yang perlu dilakukan perbaikan yaitu metode yang digunakan berupa proses pendataan barang secara manual diubah dengan penggunaan sistem Kanban. Berdasarkan akar masalah tersebut, dilakukan perbaikan picker gudang dengan penerapan sistem Kanban untuk mengatasi keterlambatan pengiriman dan minimasi retur. Setelah dilakukan perbaikan terhadap picker gudang, diperoleh efisiensi kinerja picker gudang yang menghasilkan persentase pengiriman sebesar 90,64% dengan peningkatan sebesar 18,41%. Hal tersebut dapat meminimalisir keterlambatan waktu pengiriman dan minimasi retur.

Referensi

Chase, R. B., Aquilano, N. J., & Jacobs, F. R. (2002). Operations management for competitive advantage (9. ed., internat. ed). McGraw-Hill Irwin.

Esmail Mohamed, A. E. (2024). Inventory Management. In T. Bányai (Ed.), Industrial Engineering and Management (Vol. 5). IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.113282

Gaspersz, V. (2001). Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas. Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, V. (2007). Lean six sigma for manufacturing and service industries: Strategi dramatik reduksi cacat/kesalahan, biaya, inventori dan lead time dalam waktu kurang dari 6 bulan. Gramedia Pustaka Utama.

Hartini, S. (2013). Perancangan Sistem Kanban untuk Pelancaran Produksi dan Mereduksi Keterlambatan. J@TI UNDIP: JURNAL TEKNIK INDUSTRI, 8(3), 193–202. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.193-202

Heizer, J., & Render, B. (2022). Manajemen Operasi (Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (14th Edition). Salemba Empat.

Mauliyah, N. I., & Qomariyah, N. (2023). Implementasi Sistem Just in Time (JIT) dalam Meningkatkan Produktivitas Perusahaan pada PT. Langgeng Makmur Utama Bangsalsari Jember. Jurnal Akuntansi Dan Audit Syariah (JAAiS), 4(01), 94–106. https://doi.org/10.28918/jaais.v4i01.947

Mohamad, E., Muhammad Shafee, N. A. Q., Halim, A. S., Ito, T., Oktavianty, O., & Abd Rahman, M. S. (2023). Kanban Apps for Lean Practitioners. The Proceedings of Manufacturing Systems Division Conference, 2023(0), 107. https://doi.org/10.1299/jsmemsd.2023.107

Rohayati, Y., & Bodewyn, V. O. (2023). Implementing Kanban Concept in Preventive and Corrective Maintenance Scheduling at Telecommunication Service Company Indonesia. Proceeding of Flexible Automation and Integrated Manufacturing 1999, 1121–1132. https://doi.org/10.1615/FAIM1999.950

Schonberger, R. (2015). Teknik-teknik Manufaktur Jepang: Sembilan pelajaran sederhana yang tersembunyi. Erlangga.

Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Putri, S. M. P. (2025). Perbaikan Kinerja Picker Gudang Finished Goods dengan Penerapan Sistem Kanban untuk Minimasi Retur di PT XYZ. Jurnal Logic: Logistics & Supply Chain Center, 3(2), 59–68. https://doi.org/10.33197/jlscc.v3i2.2508

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.