KETERLIBATAN PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS (Survei pada Pelanggan Plaza Asia Tasikmalaya)

Authors

  • Ilman Ansori Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya
  • H. Deden Mulyana Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya
  • Yusuf Abdullah Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.33197/jbme.vol21.iss1.2023.1072

Keywords:

keterlibatan pelanggan, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: keterlibatan pelanggan, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Pengaruh keterlibatan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta implikasinya pada loyalitas pelanggan pada pelanggan Plaza Asia Tasikmalaya baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. populasi dalam penelitian ini adalah member Plaza Asia yang berjumlah 25.700 pelanggan. Pengambilan sampel diambil secara simple random sampling yaitu sebanyak 400 pelanggan. Teknik analisis data menggunakan structural equation model (SEM) dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan pelanggan berpengaruh positif signifkan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Keterlibatan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan mediasi kepuasan pelanggan, keterlibatan pelanggan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Ilman Ansori, H. Deden Mulyana, & Yusuf Abdullah. (2023). KETERLIBATAN PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS (Survei pada Pelanggan Plaza Asia Tasikmalaya). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 21(1), 825–842. https://doi.org/10.33197/jbme.vol21.iss1.2023.1072