https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/issue/feed Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi 2024-07-17T11:52:35+07:00 Dr. Fansuri Munawar, S.E., M.M jbme@widyatama.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Journal of Business, Management &amp; Economics (JBME)</strong> is a peer-reviewed journal published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Widyatama University, Indonesia. The journal publishes two volumes a year in July and December. The focus areas of this journal are current economics, business and management. Submitted articles will be reviewed by the Journal committee and reviewers. Contributors and readers of this journal include researchers, managers, practitioners and actors in the fields of economics, business and management</p> https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/1306 PENGARUH KOMUNIKASI, BUDAYA ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KETERIKATAN KARYAWAN (Sensus pada Pegawai Kantor Otoritas Jasa Keuangan di Wiliayah Jawa Barat) 2023-08-08T08:43:18+07:00 Triesma Ratna Dewi Kania triesma.kania@gmail.com H. Kartawan kartawan@unsil.ac.id Yusuf Abdullah yusuf.abdullah@unsil.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis pengaruh komunikasi, budaya organisasi, dan kecerdasan emosional terhadap keterlibatan karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sensus dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 216 responden, yaitu karyawan di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional Jawa Barat dengan menggunakan metode sampling jenuh, yang memberikan kesempatan bagi semua anggota populasi untuk bertindak sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi, budaya organisasi, dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan</p> 2024-07-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Triesma Ratna Dewi Kania, H. Kartawan, Yusuf Abdullah https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/1368 KELANGKAAN (SCARCITY) EKONOMI: PERBEDAAN DAN KECOCOKAN PERSPEKTIF ISLAM 2024-05-20T12:09:12+07:00 Dafiar Syarif dafiarsyarif24@gmail.com Wawan Devis Wahyu wawan.dev102@gmail.com Ahmad Yani ahmad.y67465@gmail.com Yuse Rizal Bustami yuse.ri453@gmail.com David Hidayat david.h653@gmail.com <p>Penyebab kelangkaan dalam perekonomian mempunyai dua pendapat yang berbeda, pertama karena tidak mencukupinya sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia, kedua karena alasan distribusi yang tidak merata padahal sumber daya alam cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, kedua argumen ini saling bertentangan dan saling mengklaim menjadi yang paling benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penyebab kelangkaan ditinjau dari fenomena dan ditinjau dari nash (Al-Qur'an dan hadis) serta menyamakan kedua pendapat tersebut. Metode yang digunakan dalam menjawab permasalahan ini adalah metodologi kualitatif normatif dan sosiologis, yaitu penelitian yang berlandaskan Al-Qur'an dan menggunakan analisis terhadap suatu objek permasalahan, serta pemahaman (understanding) fenomena atau gejala sosial. Dengan mengumpulkan berbagai literatur yang telah diterbitkan menggunakan aplikasi Publis atau Perish, dilanjutkan dengan menganalisis hasil literatur faktor kelangkaan dengan menggunakan alat aplikasi Nvivo, kemudian hasilnya ditinjau dari dalil-dalil Alquran dan hadis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kelangkaan disebabkan oleh sumber daya alam, jumlah penduduk, tenaga ahli dan ketimpangan distribusi, keempat penyebab tersebut ada benarnya dalam dalil tekstual</p> 2024-07-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Dafiar Syarif, Wawan Devis Wahyu, Ahmad Yani, Yuse Rizal Bustami, David Hidayat https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/1417 ANALISIS PERAMALAN PENINGKATAN KUNJUNGAN ONLINE PUSTAKALOKA SEBAGAI DAMPAK DARI PANDEMI COVID-19 2023-08-30T10:49:50+07:00 Agatha Rinta Suhardi agatha.rinta@widyatama.ac.id Cucu Hodijah cucu.hodijah@widyatama.ac.id <p>Kegiatan perencanaan operasional dimulai dengan melakukan peramalan (<em>forecast</em>) untuk mengetahui terlebih dahulu apa dan berapa yang perlu dipersiapkan dalam menunjang kegiatan operasional pada waktu yang akan datang. Peramalan jumlah kunjungan Pustakaloka secara online bermaksud untuk memperkirakan jumlah kunjungan yang akan berpengaruh dalam pengadaan bahan bacaan atau jasa Pustakaloka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan metode analisa peramalan deret waktu (<em>time series</em>) yaitu <em>Exponential Smoothing </em>dan metode mengukur kesalahan peramalan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa penggunaan metode eksponensial smoothing dengan nilai a = 0,5 memiliki nilai keakuratan paling tinggi yang ditandai dengan nilai MAD, MSE, dan MAPE paling rendah. Oleh karena itu, Pihak pengelola dapat memprediksi jumlah kunjungan Pustakaloka secara online yang kemudian mengembangkan rencana-rencana rasional untuk lebih meningkatkan jumlah bahan bacaan dan perbaikan jasa (dalam hal ini peningkatan dalam hal sistem informasi dan perangkat hardwarenya).</p> 2024-07-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Agatha Rinta Suhardi, Cucu Hodijah https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/1562 ANALISIS PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI LIQUEFIED PETROLEUM GAS (LPG) TABUNG 3 KG MENGGUNAKAN METODE NEAREST NEIGHBOR PADA PT. RADE PUTRA UTAMA 2024-06-05T00:03:33+07:00 Ruth Meinar Evefania rmevefania@gmail.com Sri Wiludjeng Sunu Purwaningdyah wiludj3ng58@gmail.com <p>Keandalan pengiriman produk dalam rantai pasokan hulu dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan daya saing Perusahaan. Dalam tahap pendistribusian produk, pelaku usaha harus memperhatikan dan mengedepankan efisiensi biaya dan waktu untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen. Penentuan jalur distribusi yang optimal dapat membantu pelaku usaha untuk mengurangi biaya transportasi dan waktu pengiriman, sehingga produk dapat sampai ke tangan konsumen dengan lebih cepat dan efisien. PT. Rade Putra Utama, merupakan salah satu Agen Distributor Resmi Gas Elpiji (LPG) 3 Kg, yang bertanggung jawab dalam proses pendistribusian dari stasiun Pengisian tabung gas LPG 3 Kg kepada setiap pangkalan. Saat ini dalam proses pendistribusiannya, belum menerapkan proses penentuan rute dengan langkah-langkah yang dinilai aman dan efektif, sehingga menyebabkan armada harus menempuh jarak yang jauh serta memakan banyak waktu dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan analisis data awal untuk memahami situasi distribusi saat ini, kemudian menggunakan metode transportasi untuk mengidentifikasi permasalahan dan peluang. Setelah itu, pendistribusian logistik digunakan untuk merancang strategi distribusi yang lebih efisien dan menjalankannya. Berdasarkan hasil analisis data, PT Rade Putra Utama perlu melakukan kecocokan pendistribusian berdasarkan kesamaan wilayah dan akan lebih baik jika Perusahaan menambah armada kendaraan agar proses pendistribusian LPG 3 Kg berjalan dengan baik dan efisien. (Febrianto PS, 2023)</p> 2024-07-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ruth Meinar Evefania, Sri Wiludjeng Sunu Purwaningdyah https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/1978 ANALISIS STRATEGI KETERIKATAN PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PADA PELANGGAN PLAZA ASIA TASIKMALAYA 2024-06-05T00:01:48+07:00 Ilman Ansori ilmanansori11@gmail.com <p>Perusahaan ritel di Kota Tasikmalaya merupakan salah satu sektor pada kegiatan usaha yang menjadi pusat perbelanjaan. Disamping itu, perusahaan Ritel seperti Mall Plaza Asia Tasikamlaya menjadi salah satu Mall terbesar di priangan timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keterikatan pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada Pelanggan Plaza Asia Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampe yang digunakan adalah simple random sampling, dimana peneliti dalam memilih sampel memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh anggota populasi untuk ditetapkan sebagai anggota populasi. Berdasarkan hasil rumus slovin, peneliti menyebar kuesioner kepada 400 pelanggan Plaza Asia Tasikmalaya yang mempunyai member. Analisis yang digunakan menggunakan analisis jalur dengan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterikatan pelanggan secara parsial berperngaruh terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, dan keterikatan pelanggan dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.</p> 2024-07-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ilman Ansori https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/2082 PENGEMBANGAN UNIVERSITAS GADJAH MADA SEBAGAI KAWASAN EKONOMI WISATA HERITAGE 2024-06-24T12:25:23+07:00 Raniri Munawar ranirimunawar@mail.ugm.ac.id <p>Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu kampus negeri di Indonesia yang pendiriannya tidak terlepas dari perjuangan para tokoh pejuang bersama para pendiri bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Jika melihat dari nilai historis maupun keistimewaan yang terkandung di dalamnya, UGM memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata heritage. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengembangkan ekonomi wisata heritage di UGM dengan mengunjungi tempat yang mempunyai sejarah penting di kawasan UGM yang dapat menjadi daya tarik wisata. Metode yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan Universitas Gadjah Mada memiliki bangunan-bangunan yang menyimpan nilai-nilai substansial. Hal ini lantaran pendirian bangunan UGM sendiri menjadi simbol dari semangat dalam membangun peradaban baru bangsa Indonesia pasca merdeka tahun 1945. Sebagai kawasan ekonomi wisata heritage, penataan kawasan wisata UGM dikembangkan dengan pembagian kawasan menjadi 3 zonasi, yaitu; Segmen I, Segmen II dan Segmen III. Dimana setiap zonasi mempunyai aturan pengembangan yang berbeda-beda. Dalam mendukung kawasan wisata UGM menjadi salah satu destinasi wisata heritage potensial, maka perlu diperhatikan konsep 4A dalam pengembangannya yang terdiri dari attraction, accessibility, amenity dan ancillary.</p> 2024-07-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Raniri Munawar https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/2086 LIFESTYLE DAN VARIETY SEEKING PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN BRAND SWITCHING PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG PADA IPHONE (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Bandung) 2024-07-03T10:18:46+07:00 Indang Ayu Suprapto indang.ayuu@widyatama.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh gaya hidup (lifestyle) dan variety seeking terhadap keputusan brand switching dari pengguna smartphone Samsung ke iPhone di kalangan generasi Z di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 112 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item dalam kuesioner valid dan reliabel. Model regresi yang digunakan memenuhi asumsi klasik seperti normalitas, tidak adanya multikolinieritas, dan homoskedastisitas. Uji hipotesis secara parsial mengungkapkan bahwa gaya hidup dan pencarian variasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek, dengan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel dan signifikansi kurang dari 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa aspek gaya hidup dan keinginan untuk mencari variasi baru merupakan faktor penting dalam keputusan generasi Z untuk berpindah dari Samsung ke iPhone.</p> 2024-07-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Indang Ayu Suprapto https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/2132 PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO DASTER TIARY ART SHOP TULUNGAGUNG (STUDI KASUS DI TOKO DASTER TIARY ART SHOP TAHUN 2024) 2024-07-07T20:19:48+07:00 Titik Puji Rochani titikpuji644@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen di Toko Tiary Art Shop Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Toko Tiary Art Shop Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Toko Tiary Art Shop Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 845 sedangkan sampelnya diambil 90 responden. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang telah diuji validitasnya. Hasil uji data secara parsial menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.</p> 2024-07-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Titik Puji Rochani