PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ivan Rahadian Universitas Siliwangi

Keywords:

Faktor Psikologi, Keputusan Pembelian Online, E-commerce

Abstract

Perilaku keputusan pembelian konsumen dipengaruhi salah satu nya oleh faktor psikologi, yang meliputi persepsi, motivasi, sikap, kepercayaan, dan pembelajaran konsumen. Pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh negara diiringi dengan berkembangnya teknologi informasi membuat pembelian secara online menjadi salah satu alternatif saluran pembelian konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi, motivasi, sikap, kepercayaan, dan pembelajaran konsumen terhadap keputusan pembelian secara online pada masa pandemi baik secara parsial maupun simultan. Metode kuantitatif dalam penelitian ini dengan cara megumpulkan data survey secara online. Populasi merupakan pengunjung Tokopedia dan Shopee, dengan pengguna Tokopedia dan Shopee sebagai sampel. Alat analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi, motivasi, sikap, kepercayaan dan pembelajaran berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online secara parsial dan simultan.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Rahadian, I. (2023). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal LOGIC (Logistics & Supply Chain Center), 1(2), 59–66. Retrieved from https://journal.widyatama.ac.id/index.php/logic/article/view/966