PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ivan Rahadian Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.33197/jlscc.v1i2.966

Keywords:

Faktor Psikologi, Keputusan Pembelian Online, E-commerce

Abstract

Perilaku keputusan pembelian konsumen dipengaruhi salah satu nya oleh faktor psikologi, yang meliputi persepsi, motivasi, sikap, kepercayaan, dan pembelajaran konsumen. Pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh negara diiringi dengan berkembangnya teknologi informasi membuat pembelian secara online menjadi salah satu alternatif saluran pembelian konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi, motivasi, sikap, kepercayaan, dan pembelajaran konsumen terhadap keputusan pembelian secara online pada masa pandemi baik secara parsial maupun simultan. Metode kuantitatif dalam penelitian ini dengan cara megumpulkan data survey secara online. Populasi merupakan pengunjung Tokopedia dan Shopee, dengan pengguna Tokopedia dan Shopee sebagai sampel. Alat analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi, motivasi, sikap, kepercayaan dan pembelajaran berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online secara parsial dan simultan.

References

Aisah, & Heriyanto, Yayak. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis (Jumabi), 1(3), 169-187. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI

Amstrong, G., & Kottler, P. (2015). Marketing : An Introduction 12th edition. London: Pearson Education Limited.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2021, November 15). Laporan Survei Internet 2019 – 2020 (Q2). https://apjii.or.id/survei.

Astuti, P., Sutomo, M., & Nirwan. (2019). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Membeli Motor Matic Yamaha Mio M3cw 125 Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 5(2), 125 – 134.

Hoyer, W. D., MacInnis, D. J., & Pieters, Rik. (2013). Consumer Behavior. 6th edition. Mason: South-Western.

Fadhila, Siti, Lie, D, Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8 (1), 53-60. DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i1.177

Kalputri, S. F. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Olive Fried Chicken di Glagahsari Yogyakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 2(2), 92-99.

Kotler, P., Armstrong G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing. 17th edition. London: Pearson Education.

Mothersbaugh, D. L., Hawking, D. I., & Kleiser, S. B. (2020). Consumer Behavior Building Marketing Strategy 14th edition. New York: The McGraw-Hill

Nurgianto, B., Worang, F.G., & Lumanauw, B. (2021). Analysis of the Effect of Psychological Factors on Consumer Decisions for Purchase of Tribun Manado News in Manado City. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, 07 (02). DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.293-306.2021.

Perreault, W. D., Cannon, J. P., & McCarthy, E. J. (2017). Essentials of Marketing. 15th edition. New York: McGraw-Hill Education

Raiza, A., Arifin, Z., & Sunarti. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti yang Mengguna kan Jasa Go-jek). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 38(1), 9-13.

Sandora, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Secara Online. Eko dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 11(3). DOI: https://doi.org/10.36975/jeb.v11i3.288

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. (2015). Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Solomon, M. R. (2017). Consumer Behavior Buying, Having, and Being 12th Global Edition, London: Pearson Education Limited.

Tompunu, M. M. M. (2014). Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA,2(3), 610-621.

Widianto, T., & Octaviani, A. (2020). Analisa Sikap Belanja Online Dan Harga Terhadap Keputusan Belanja Konsumen Pada Event Flash Sale Shopee. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 7(1), 37-46. DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.62

[Yurindera, N. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online Di Masa Pandemi. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3).

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Rahadian, I. (2023). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Logic: Logistics & Supply Chain Center, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.33197/jlscc.v1i2.966