Pengendalian Persediaan Obat Menggunakan Metode Algoritma Wagner-Wihtin di PT Adi Bina Sarana Medika Semarang

Authors

  • Nainawa Ladito Cheris Cantaka Universitas Widyatama
  • Muchammad Fauzi Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/logic.vol3.iss1.2024.1834

Keywords:

Deterministik Dinamis, Lot Pemesanan, Optimalisasi Biaya, Pemesanan

Abstract

PT Adi Bina Sarana Medika adalah distributor obat dan alat kesehatan salah satunya untuk beberapa pelanggan baik apotek maupun perusahaan besar. Namun, saat ini dalam melakukan pemesanan barang terdapat total biaya cukup besar untuk persediaan obat. Besarnya biaya persediaan tersebut diakibatkan karena frekuensi pemesanan yang cukup tinggi. Saat ini perusahaan menggunakan metode lot for lot dimana pemesanan dilakukan hanya untuk memenuhi satu periode saja. Penggunaan metode lot for lot tersebut masih menyebabkan tingginya total biaya persediaan karena tingginya frekuensi pemesanan yang dilakukan oleh perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan antara metode lot for lot dengan metode algoritma Wagner-Within. Tujuan perbandingan tersebut adalah untuk mengetahui manakah metode yang tepat untuk menciptakan total biaya persediaan yang lebih optimal, ekonomis dan efisien. Penggunaan algoritma Wagner-Within ini menggunakan perhitungan dengan memilih periode pemesanan terbaik sehingga biaya seperti pembelian dan penyimpanan dapat dioptimalkan menjadi lebih ekonomis. Berdasarkan hasil perhitungan algoritma Wagner-Within, frekuensi pemesanan mengalami penurunan dengan jumlah kuantitas pemesanan bertambah. Total biaya persediaan dengan menggunakan algoritma Wagner-Within sebesar Rp 2.410.200 lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan metode lot for lot perusahaan sebesar Rp 4.800.000 sehingga adanya penghematan menggunakan algoritma Wagner-Within sebesar Rp 2.389.800 atau lebih hemat 50%.

References

Amelia, N. (2017). Penerapan Metode Algoritma Wagner-Within Untuk Menentukan Kebijakan Lot Pemesanan. Palembang: Perpustakaan Universitas Sriwijaya.

Bahagia, N. (2006). Sistem Inventori. Bandung: ITB.

Hadiyanti, L., & Siregar, M. (2018). Penentuan Frekuensi Pemesanan Komponen Lensa Kamera Menggunakan Metode Deterministik Dinamis untuk Meminimalisasi Biaya Persediaan pada PT XACTI Indonesia. Manajemen Industri dan Logistik.

Hamdy, A. (1998). Operations Research An Introduction. Philippines: Prentice Hall International, Inc.

Hiller, F., & Lieberman, G. (2008). Introduction to Operation Research. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ishak, A. (2010). Manajemen Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Nasution, A. (2008). Perencanaan dan Pengendalian Produksi Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nursyanti, Y., & Shalsabila, K. (2020). Optimasi Inventori Dengan Pendekatan Deterministik Dinamis Pada Industri Manufaktur Roti. Optimasi Sistem Industri.

Pradiko, H. (2018). Analisa Pemilihan Metode MRP Untuk Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT X. Jakarta: Perpustakaan Universitas Mercu Buana.

Prawirosentono, S. (2001). Manajemen Operasi Analisis dan Studi Kasus Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Rangkuti, F. (2007). Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Simatupang, R. B. (2003). Aspek Hukum Dalam Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Staggemeier, A., & Clark, A. (2001). A Survey of Lot-Sizing and Scheduling Models. In: Proceedings of the 23rd Annual Symposium of the Brazilia Operational Research Society.

Sumantri, Y., Madinah, W., & Azlia, W. (2015). Penentuan Metode Lot Sizing Pada Perencanaan Pengadaan Bahan Baku Kikir dan Mata Bor (Studi kasus: PT. X, Sidoarjo). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol. 3.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: FEUII Ekonisia.

Tersine, & Richard, J. (1994). Principle of Inventory and Materials Management Fourth Edition. New Jersey USA: Prentice Hall International.

Vasu, S. (2001). Contract Law for Business People. Singapore: Rank Books.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Cantaka, N. L. C., & Fauzi, M. (2024). Pengendalian Persediaan Obat Menggunakan Metode Algoritma Wagner-Wihtin di PT Adi Bina Sarana Medika Semarang. Jurnal LOGIC: Logistics & Supply Chain Center, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33197/logic.vol3.iss1.2024.1834