EVALUASI DAN PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN JASA HOTEL (Studi Kasus Pada Bandung Giri Gahana Golf and Resort)

EVALUASI DAN PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN JASA HOTEL (Studi Kasus Pada Bandung Giri Gahana Golf and Resort)

Penulis

  • Ari Permana Politeknik Negeri Bandung
  • Sugih Sutrisno Putra Politeknik Negeri Bandung
  • Dian Imanina Burhany Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33197/jabe.vol6.iss1.2020.464

Kata Kunci:

Internal Control System, Service Sales, Evaluation, Recommendations

Abstrak

Penjualan jasa merupakan penentu dalam bisnis rekreasi, karena merupakan sumber pendapatan utama perusahaan. Agar pendapatan yang maksimal dapat diperoleh, dibutuhkan Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang efektif dan efisien guna mengurangi kecurangan yang terjadi di perusahaan sehingga pendapatan menjadi maksimal. SPI pada Bandung Giri Gahana Golf & Resort masih belum efektif karena masih kurang pengawasan dan tidak dilaksanakannya Standar Operasional Prosedur (SOP) oleh bagian frontliner. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi untuk menilai seberapa efektif dan efisien SPI yang ada dan rekomendasi apa yang diperlukan untuk memperbaikinya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan analisis serta merancang SPI pada Bandung Giri Gahana Golf & Resort. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-09-29

Cara Mengutip

Permana, A., Putra, S. S., & Burhany, D. I. (2020). EVALUASI DAN PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN JASA HOTEL (Studi Kasus Pada Bandung Giri Gahana Golf and Resort): EVALUASI DAN PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN JASA HOTEL (Studi Kasus Pada Bandung Giri Gahana Golf and Resort). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi (JABE), 6(1), 1543–1552. https://doi.org/10.33197/jabe.vol6.iss1.2020.464