Perbedaan Literasi Pemahaman Keuangan Terhadap Mahasiswa Akuntansi dan Mahasiswa Manajemen

Penulis

  • Lydia Octaviani Universitas Ciputra
  • Kazia Laturette Universitas Ciputra

DOI:

https://doi.org/10.33197/jabe.vol5.iss2.2019.313

Kata Kunci:

literacy, finance

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman literasi keuangan pada mahasiswa Akuntansi dan Manajemen di kelas 2015-2016, mengetahui tingkat literasi yang dimiliki oleh siswa Program Studi Akuntansi dan siswa Program Studi Manajemen, dan untuk menganalisis perbedaan dalam pemahaman literasi keuangan untuk siswa Akuntansi dan mahasiswa Manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan pada mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Manajemen di Universitas Ciputra Surabaya. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada siswa Akuntansi dan Manajemen di kelas 2015-2016, dengan total populasi 739 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling tidak proporsional, dengan total sampel 307 siswa. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert dan nominal. Metode analisis data independen dilakukan dengan bantuan IBM SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam tingkat literasi keuangan siswa Akuntansi dan Manajemen. Tingkat pemahaman literasi keuangan IBM dan mahasiswa akuntansi pada tingkat sedang dengan skor skor yang berbeda. Perbedaan ini mencakup setiap individu yang memiliki kompetensi berbeda, manajemen keuangan dan manajemen keuangan, dan juga seminar atau pelatihan yang diberikan kepada siswa dari kegiatan kuliah. Ada perbedaan dalam pemahaman literasi keuangan antara mahasiswa Manajemen dan Akuntansi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-12-13

Cara Mengutip

Octaviani, L., & Laturette, K. (2019). Perbedaan Literasi Pemahaman Keuangan Terhadap Mahasiswa Akuntansi dan Mahasiswa Manajemen. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi (JABE), 5(2), 1433–1442. https://doi.org/10.33197/jabe.vol5.iss2.2019.313