Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Frozen Food
DOI:
https://doi.org/10.33197/jabe.vol9.iss2.2023.1122Kata Kunci:
Rasa, Harga, Kemasan, Merek, Preferensi KonsumenAbstrak
Keputusan pelanggan terhadap pembelian suatu produk akan terus berganti setiap saat, dikarenakan hal tersebut penting bagi perusahaan demi memahami pelanggan terhadap suatu produknya guna memajukan bisnis yang dijalankan. Riset ini mempunyai beberapa tujuan, Pertama mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam memilih produk frozen food di Ardi Frozen Food. Kedua, mengetahui seberapa banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam pembelian produk frozen food. Ketiga, menguji penerapan faktor apa yang lebih berpengaruh besar terhadap preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui proses survei terhadap 10 konsumen yang menjadi pelanggan frozen food di Ardi Frozen Food. Penelitian ini juga menggunakan sesi wawancara terhadap informan yang menjadi pelanggan setia dalam pembelian frozen food di Ardi Frozen Food. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rasa, harga, kemasan dan merek merupakan faktor terpenting yang berdampak pada preferensi konsumen dalam menentukan untuk membeli produk frozen food. Dari keempat faktor tersebut bahwa rasa lebih dominan dalam menentukan keputusan pembelian frozen food.
Unduhan
Referensi
. Adrie Manafe, L., Romelus Anigomang, F., Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, P., & Ekonomi Universitas Tribuana Alor, F. (2021). Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Kerupuk pada Cv. Panda Unyil Kerupuk Sidoarjo Consumer Preferences in Buying Crackers Products on Cv. Panda Unyil Crackers Sidoarjo. 08, 1–9.
. Alif Fianto, A. Y., Hadiwidjojo, D., Aisjah, S., & Solimun, S. (2014). The Influence of Brand Image on Purchase Behaviour Through Brand Trust. Business Management and Strategy, 5(2), 58. https://doi.org/10.5296/bms.v5i2.6003
. Alya Insani, N., & Nina Madiawati, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. 4(3).
. Brahmanto, Y. (2011). Pengaruh Karakteristik Pembeli terhadap Faktor-Faktor Pembelian Unit Rumah di Perumahan Graha Famili. Thesis]. Surabaya (ID): Institut Teknologi Sepuluh November.
. Dan, A. M., & Ali, H. (2017). MODEL KEPUASAN PELANGGAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP CITRA MEREK PADA GIANT CITRA RAYA JAKARTA. 1–19.
. Darmawan, D. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran. Metromedia, Surabaya.
. Ha, T., & Gizaw, A. (2014). Factors that infgluence consumer purchasing decisions of Private Label Food Products A case study of ICA Basic. 1–92.
. Haryono, D., & Tenrigau, A. M. (2018). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Dijadikan Bantal Yang Berkualitas Dan Bernilai Ekonomis Di Desa Tolada Kecematan Malangke Kabupaten Luwu Utara. 1, 1–6.
. Irana, D., Lubis, D., Hidayat, R., Tinggi, S., & Sukma, I. M. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1), 15–24. http://jurnal.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman
.Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Musfirowati Hanika, I., Hasan, M., Prambudi Utomo, K., Bairizki, A., Sri Lestari, A., Wahyudi Setyo Rahayu, D., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., & Triwardhani, D. (2021). PERILAKU KONSUMEN. www.penerbitwidina.com
.Ismoyowati, D. (2015). Halal Food Marketing: A Case Study on Consumer Behavior of Chicken-based Processed Food Consumption in Central Part of Java, Indonesia. Agriculture and Agricultural Science Procedia, 3, 169–172. https://doi.org/10.1016/j.aaspro.2015.01.033
.Kecil, K. N. K. D. U., & Menengah, D. (2009). Pedoman Standar Kelayakan Kemasan Produk KUKM.
.Khusnul Khotimah, D., Mayulu Jurusan Peternakan, H., Pertanian, F., & Mulawarman, U. (2018). PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KARKAS AYAM BROILER SEGAR DAN BEKU DI KOTA SAMARINDA Consumer Preferences Against Broiler Chicken Meat Fresh and Frozen In Samarinda (Vol. 1, Issue 1).
.Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
.Lovell, R. D. (2011). Product attributes and consumers repurchase decision on frozen ready to eat meals A study on consumers on selected hypermarkets in Bangkok. 1–10.
.Moleong, L. J. (2013). Metode penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
.Mullins, J. W. (2013). Marketing management: a strategic decision-making approach.
.Rahardjo, C. R. (2016). FAKTOR YANG MENJADI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK FROZEN FOOD. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 1, Issue 1).
.Rahdini, M., Aisyah, M., & Kumar, S. (2014). Factors That Influence People Buying Decision on Bottled Drinking Water. Proceedings of International Academic Conferences, 0100389.
.Rohmah, A. N., Program, S. S., & Agribisnis, S. (2021). PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MINUMAN KOPI DI KOPI JANJI JIWA JILID 324 SURABAYA CONSUMER PREFERENCE OF COFFEE DRINKS IN JANJI JIWA VOLUME 324 SURABAYA. 1. http://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience
.Rozi, I. A. (2021). Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. 1–20.
.Suryani, T. (2008). Perilaku konsumen: implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 118.
.Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
.Uchyani, R., & Irianto, H. (2016). PENGEMASAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN PRODUK BERBAHAN BAKU KACANG YANG MARKETABLE. 1–7.
.Ummah, H., Hayati Program Studi Agribisnis, M., & Pertanian, F. (2022). Preferensi Konsumen Jamu Kunyit Asam di Madura. 2. http://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ardi Putra Khoiril Ikhsanu, Leonard Adrie Manafe, Mohammad Ali Masyhuri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.