Perancangan Identitas Visual Paud Karya Ummat Jakarta Barat

Authors

  • Zaitun Y.A. Kherid Universitas Negeri Jakarta
  • Indro Moerdisuroso Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33197/visualideas.vol2.iss1.2022.855

Keywords:

perancangan, identitas visual, logo, stationary, PAUD Karya Ummat

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Perancangan Identitas Visual PAUD Karya Ummat Jakarta Barat ini berkontribusi terutama pada penguatan lembaga terkait. PAUD yang dikelola oleh Yayasan Karya Ummat ini secara sistem administrasi dan komunikasi program ini masih menggunakan identitas visual dari yayasan sebagai organisasi induknya. Padahal untuk menandakan lembaga yang kuat, setiap program seyogyanya mengembangkan identitas visual tersendiri sebagai bagian dari program yayasan. Kontribusi ini kiranya yang akan dicapai dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini. Kegiatan pembuatan identitas visual PAUD Karya Ummat akan dilaksanakan melalui serangkaian tahapan baku perancangan corporate identity. Antara lain tahap pengumpulan informasi karakteristik lembaga, studi literatur, eksplorasi, seleksi, evaluasi, revisi, eksekusi. Keseluruhan tahapan selalu dalam koordinasi dengan penanggungjawab lembaga mitra yang dalam hal ini berperan serupa dengan klien. Dengan cara ini rangkaian proses perancangan dan hasil akhirnya terhindar dari ketidaksesuaian dengan kebutuhan klien. Tim pengusul kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini terdiri dari dosen berlatar belakang keahlian seni rupa, dan pendidikan seni rupa peminatan desain komunikasi visual (DKV). Selain itu tim pengusul melibatkan tiga mahasiswa peminat DKV yang berperan sebagai tenaga lapangan. Target luaran terdiri dari rancangan identitas visual (Logo), contoh aplikasi pada stationery, Papan Nama (Neon Box), dan HKI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, Thomas dan Howard Gardner, 2003. SEKOLAH PARA JUARA : Menerapkan Multiple Intelligences Di Dunia Pendidikan, Mizan Media Utama, Bandung.

Bloom, B. T. (1971). Handbook on Formative and Summative Evaluation of Student Learning. New York, USA: McGraw-Hill Inc.

Devi, L.S., Trinawindu, I.B.K., dan Dewi A.K. (2020). Perancangan Corporate Identity Canggu Center di Kuta oleh PT. Domisan Karya Utama. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, (1(02), 78-94. Diakse dari https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/artikel/view/41 pada 20 Februari 2021.

John Warren Stewig. (1980). Children and Literature. USA, Miffin Company.

Standard Pendidikan Anak Usia Dini (PERMENDIKNAS NO.58 TAHUN 2009)

Raharjo, Taufik. (2017).Perancangan Corporate Identity Arstudio di Bandung. Jurnal Sketsa Vol. 4 No 2, September 2017. ISSN: 2355-6595, E-ISSN: 2549-3027. Diakses dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/sketsa pada 20 Februari 2021.

Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stanard, Michael. (1994) Letterhead and Logo Design, Creating the Corporate Image. Massachussetts: Rockport Publishers Inc.

Tim Riset dan Pemetaan Industri Kreatif Departemen Perdagangan. (2009). Studi Industri Kreatif Indonesia 2007. Jakarta: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Kherid, Z. Y., & Moerdisuroso, I. (2022). Perancangan Identitas Visual Paud Karya Ummat Jakarta Barat. VISUALIDEAS, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol2.iss1.2022.855

Issue

Section

Articles