Pendidikan Budaya Visual: Pengetahuan Guru Seni Rupa SMA di Jakarta

Authors

  • Indro Moerdisuroso Universitas Negeri Jakarta
  • Zaitun Y.A. Kherid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agam Akbar Pahala Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss1.2023.1113

Keywords:

Pendidikan Budaya Visual, Seni Rupa, SMA, VCAE.

Abstract

Seiring perkembangan seni rupa kontemporer, pada 1970an lahir pendekatan baru yang disebut budaya visual (visual culture). Pada awal 1980an wacana budaya visual mulai memasuki wilayah pendidikan seni rupa, disebut pendidikan seni rupa berbasis budaya visual (Visual Culture - Art Education/VCAE). Istilah VCAE sudah lazim disebutkan dalam medan perbincangan pendidikan seni rupa dunia, namun di Indonesia masih sangat jarang terdengar. Untuk itu dilakukan penelitian pendapat tentang VCAE dari guru seni rupa yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya SMA DKI Jakarta. Tujuan penelitian untuk memetakan kebutuhan sebagai landasan dalam membangun konsepsi model pembelajaran VCAE SMA. Desain penelitian dengan pendekatan deskriptif, dan metode gabungan kuantitatif-kualitatif. Partisipan merupakan guru seni rupa perwakilan 5 wilayah DKI Jakarta, masing-masing dua guru, total partisipan 10 guru. Teknik perolehan data survei digunakan dalam metode kuantitatif, dan teknik pertanyaan terbuka untuk menjaring data kualitatif. Kedua jenis data dideskripsikan, dianalisis, dan ditafsirkan. Hasilnya secara umum guru
Seni Budaya SMA mendukung penerapan materi seni budaya sebagai pengembangan pelajaran seni rupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basak, Rasim. 2021. Teacher Opinions and Perspectives of Visual Culture Theory and Material Culture Studies in Art Education. Journal of Education in Black Sea Region Vol. 6 Issue 2. DOI: https://doi.org/10.31578/jebs.v6i2. 242.

Dikovitskaya, Margaret. 2006. Visual Culture, The Study of Visual After Cultural Turn. Cambridge, MITT Press.

Duncum, Paul. 2010. Seven Principles for Visual Culture Education. Art Education Vo. 63. No. 1. Januari 2010. Diunduh pada 18 Maret 2022

dari https://www.semanticscholar.org/paper/Seven-Principles-for-VisualCulture-EducationDuncum/d1296c289a338301e3d9e45c 710dce4dff7cc29e.

Hariyanto. + 2015. Pendidikan Seni Rupa Berbasis Budaya Visual Melalui Pedagogi Kritis. Diunduh dari https://www.academia.edu/181466

/Pendidikan_Seni_Rupa_Berbasis_Budaya_Visual pada 17 Maret 2022.

Kuru, Nur Balkir, 2010. Visual culture in Art Teacher Education: A Turkish Case. Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 609-614. Diunduh dari https://pdf.sciencedirectassets.com/277811/ pada 17 Maret 2022.

Mirzoeff, Nicholas. 1998. What is Visual Culture?. In Nicholas Mirzoeff, (ed.). The Visual Culture Reader. London, Routledge.

Moerdisuroso, Indro. 2022. Budaya Visual, Mengejar Ketinggalan Belajar Seni Rupa. Harian online Media Indonesia, 5 Agustus 2022. https://mediaindonesia.com/opini/512620/budaya-visual-mengejarketinggalan-belajar-seni-rupa.

Rampley, Matthew. 2005. Visual Culture and The Meanings of Culture. In Matthew Rampley (ed.). Exploring Visual Culture: Definitions, Concepts, Context. Edinburg, Edinburg University Press Ltd.

Standford Encyclopedia of Philosophy. Thomas Kuhn. Diunduh dari https://plato.stanford.edu/entries/thomas-kuhn/ pada 18 Maret 2022.

Wardoyo, Bambang Tri. 2020. Budaya Visual pada Website Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti. Andharupa, Jurnal Desain

Komunikasi Visual dan Multimedia Vol. 06 No. 1, Februari 2020. Diunduh dari http://publikasi.dinus. ac.id/index.php/andharupa/article/view/3276 pada 16 Maret 2022.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Moerdisuroso, I., Y.A. Kherid, Z., & Akbar Pahala, A. (2023). Pendidikan Budaya Visual: Pengetahuan Guru Seni Rupa SMA di Jakarta. VISUALIDEAS, 3(1), 41–56. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss1.2023.1113