Photography Storytelling Sebagai Branding Desa Cisaat, Subang, Jawa Barat

Authors

  • Eko Hadi Prayitno Universitas Negeri Jakarta
  • Rizki Taufik Rakhman Universitas Negeri Jakarta
  • Indro Moerdisuroso Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss1.2023.1114

Keywords:

Photography Storytelling, Cerita lokal, Branding.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggangkat cerita lokal menjadi bagian dari Branding desa wisata melalui eksplorasi photography storytelling. Penelitian Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta bekerjasama dengan Desa Cisaat, Subang Jawa Barat untuk mewujudkan desa wisata edukasi. Kegiatan penelitian yang berjudul, Photography Storytelling sebagai branding desa Cisaat, Hal ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan dan melalui observasi langsung serta wawancara dengan warga desa Cisaat. Hasil wawancara warga dari beberapa generasi mengumpulkan dan menuangkan cerita-cerita lokal yang ada. Pengembangan cerita ke dalam photobook storytelling di desa Cisaat menjadi sebiah potret-potret yang mencerminkan identitas desa Cisaat yang akan dibagikan kepada masyarakat penikmat desa wisata edukasi. Subang Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan penciptaan karya yang memasukkan unsur design thingking, yang merupakan metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dari disiplin ilmu untuk memperoleh sebuah solusi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim penelitian photography storytelling dari Universitas Negeri Jakarta berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 dosen dan 3 mahasiswa berkolaborasi dengan warga Cisaat yang menjadi model tokoh utama dalam cerita yang dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Intan Permatasari, dkk. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI

Cibiru. Jurnal Pendidikan Multimedia p-ISSN:2685-2489, eISSN:2685-2535 Vol. 2, No. 1 (2020), pp. 45–55.

Lonny L. Chu, Marko Balabanovi?, Gregory J. Wolff, Storytelling with digital photographs, To appear in CHI 2000 Conference on Human Factors in Computing Systems, April 2000, The Hague, The Netherlands, April 2000, DOI: 10.1145/332040.332505.

Lutfi, Lazuardi & Sukoco, Iwan. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal

Saintifik Manajemen dan Akuntansi. 2. 1-11. 10.35138/organum.v2i1.51.

Samuel J. Spiegel (2020) Visual Storytelling and Socioenvironmental Change: Images, Photographic Encounters, and Knowledge Construction in Resource Frontiers, Annals of the American Association of Geographers, 110:1, 120-144, DOI: 10.1080/24694452.2019.1613953.

Terence Love, Three Categories of Design Thinking: Routine, Simple/Complicated and Complex, https://jdt.ut.ac.ir/ University of Tehran Vol. 2, No. 2, P. 191-214, December 2021, DOI: 10.22059/JDT.2022.336759.1064.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Hadi Prayitno, E., Taufik Rakhman, R., & Moerdisuroso, I. (2023). Photography Storytelling Sebagai Branding Desa Cisaat, Subang, Jawa Barat. VISUALIDEAS, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss1.2023.1114