PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Kasus pada PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Kota Bandung)

Authors

  • Siska Herlita Universitas Widyatama
  • Bunga Indah Bayunitri Universitas Widyatama

Keywords:

Pengendalian Internal, Pencegahan Kecurangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengendalian internal berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan pada PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Kota Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pengendalian internal sebagai variabel independen. Sedangkan pencegahan kecurangan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Kota Bandung yang berjumlah 108 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan purposive sampling. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 orang karyawan PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Kota Bandung. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.22.00. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa pengendalian internal berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan di PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Kota Bandung. Besarnya pengaruh pengendalian internal dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap pencegahan kecurangan sebesar 55%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Herlita, S., & Bayunitri, B. I. (2021). PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Kasus pada PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Kota Bandung). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 7(1), 1805–1830. Retrieved from https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jabe/article/view/628