Efektifitas Implementasi Tipografi dalam Desain Grafis Berdasarkan Perspektif Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33197/visualideas.vol2.iss2.2022.908Keywords:
Tipografi, Font, Desain, Pelanggaran, NormatifAbstract
Karya desain grafis tidak bisa dilepaskan dari tipografi. Secara singkat tipografi ialah Teknik untuk memilih susunan kata dalam suatu karya/desain sehingga komposisi kata tersebut enak dilihat oleh pembaca. Keunikan dan padanan kata ini juga sebetulnya menentukan kualitas merek dari produk yang dipasarkan. Artinya tidak menutup kemungkinan kualitas dari merk suatu produk ditentukan juga oleh kreativitas jenis/tipe padanan kata yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana tipografi, dalam hal ini jenis kata (font) yang dipilih oleh desainer, secara efektif mampu melindungi karya desain yang ada serta bagaimana tindak lanjut jika terjadi pelanggaran atas penggunaan font yang sama oleh desainer lain sehingga hal itu merugikan desainer yang sebelumnya. Hal ini akan ditelaah melalui studi kasus untuk kemudian dianalisa bagaimana efektifitas dan solusi ke depannya agar baik secara karya seni maupun normatif, para desainer grafis atas suatu produk/karya tidak perlu khawatir dan rentan akan terjadinya pelanggaran dalam membuat jenis, tipe, dan padanan kata (font) dalam konteks tipografi atas suatu produk yang dibuat.
English :
Graphic design work cannot be separated from typography. In short, typography is a technique for choosing the arrangement of words in a work/design so that the composition of the words is pleasing to the eyes of the reader. The uniqueness and equivalent of this word also actually determines the brand quality of the products being marketed. Equally speaking, it is possible that the quality of the brand of a product is also determined by the creativity of the type/type of equivalent words used. This study aims to see to what extent typography, in this case the type of word (font) chosen by the designer, is able to effectively protect existing design works and the follow up acion if in any case a violation takes place regarding the usage of the same fonts by other designers so that it is detrimental to the previous designer. This will be studied through case studies in order to analyze the effectiveness and future solutions on the concerned matter so that both artistically and normatively, graphic designers of a product/work do not need to worry on their vulnerability to violations in making types model and equivalent words (font) in the context of typography of a product being made.
Downloads
References
Hananto, B. (2018, Oktober). Melihat Keseimbangan Visual Dalam Tipografi (Studi Kasus Karya Desain Logotype Pada Mata Kuliah Tipografi Dasar). Jurnal Titik Imaji, 1(No 2), 81.
Izzatul Ulya , F. (2021, February 9). SMARTLEGAL.id. Retrieved August 2022, from SMARTLEGAL.id: https://smartlegal.id/hki/hak-cipta/2021/02/09/ramai-produk-susu-greenfields-pakai-font-tanpa-izin-hati-hati-melanggar-hak-cipta/
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. (2007). Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Jakarta, DKI Jakarta: Erlangga.
Kusrianto, A. (2002). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta, DI Yogyakarta: ANDI.
Prasetyo , A. (2021, February 15). HUKUM ONLINE.COM. Retrieved August 2022, from HUKUM ONLINE.COM: https://www.hukumonline.com/berita/a/gunakan-font-tanpa-izin-di-produk-susu-kemasan--ini-akibat-hukumnya-lt6029f09042cea?page=1.
Sekarlaranti, A., & Junaedi, S. (2013, April). Persepsi Konsumen Terhadap Warna, Tipografi, Bentuk Grafis Dan Gambar Pada Kemasan Produk Dengan Pendekatan Multidimensional Scaling. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 6(1), 4.
Sihombing, D. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta, DKI Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sundiana, D. (2001). Tipografi: Sebuah Pengantar. MEDIATOR Jurnal Komunikasi, 2(No 2), 325.
Widya Laksana, D. (n.d.). Pengantar Desain Grafis. Semarang, Jawa Tengah: TI-D3 Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.