Kajian Literasi Konsep Rebranding Berbasis Multisensory Stimulation
DOI:
https://doi.org/10.33197/visualideas.vol4.iss2.2024.2159Keywords:
Multisensory Branding, Brand Image, UKM, Disabilitas, Bisnis KreatifAbstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana integrasi elemen multisensori dapat memperkuat brand image dengan studi kasus pada UKM Creative Business of Diffable Community (CIDCO), yang berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas mental dan intelektual melalui bisnis kreatif. Menggunakan metode literature review, penelitian ini mengkaji teori tentang brand image, multisensory branding, dan branding pada UKM. Kajian ini diperkuat dengan wawancara kepada manajemen CIDCO dan analisis SWOT untuk mengidentifikasi representasi visual branding CIDCO. Hasil menunjukkan bahwa elemen visual, auditori, dan taktil yang kuat dan konsisten dapat menciptakan pengalaman merek yang lebih berkesan dan emosional, sehingga memperkuat brand image CIDCO. Penelitian ini menggarisbawahi bahwa multisensory branding tidak hanya meningkatkan pengenalan dan memori merek, tetapi juga memperkaya pengalaman pelanggan. Temuan ini memberikan panduan praktis bagi CIDCO dalam mengembangkan strategi branding yang efektif melalui pendekatan multisensori yang dapat meningkatkan visibilitas dan citra merek di pasar yang kompetitif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.