Perancangan Highfidelity Media Edukasi DigitalBerbasis User Experience Orang Tua Dari Penyandang Disabilitas Indonesia

Authors

  • Frindhinia Medyasepti Universitas Multimedia Nusantara
  • Anne Nurfarina Universitas Multimedia Nusantara
  • Aditya Satyagraha Universitas Multimedia Nusantara
  • Cennywati Universitas Multimedia Nusantara
  • Nina Hansopaheluwakan Leeds University

DOI:

https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss1.2023.1106

Keywords:

Media Edukasi Digital, Prototipe, Penyandang Disabilitas, User Experiences.

Abstract

Media Tutori adalah media yang dirancang sebagai media tutorial untuk membantu para orang tua dari penyandang disabilitas dalam pembuatan aset visual berbasis digital. Media tutorial ini dibangun untuk membantu pembuatan aset visual sebagai kegiatan creative business dalam konteks visi memandirikan penyandang disabilitas secara finansial. Aset visual yang dimaksud adalah karya berupa gambar atau lukisan yang ditujukan untuk menjadi produk pakai atau merchandise yang bernilai jual. Namun pada pelaksanaannya, orang tua kesulitan untuk memahami kompleksitas teknis pembuatan aset visual ini, khususnya pada tahap digitalisasi. Maka, tim peneliti merancang media tutorial pembuatan aset visual sebagai media aplikasi interaktif untuk memudahkan pengguna membuat hasil gambar menjadi aset visual yang siap diproduksi. Tahapannya mulai dari sistem manual, digitalisasi dan printing. Media ini telah sampai pada tahap prototype dimana peneliti melakukan ujicoba kepada para orang tua penyandang disabilitas di berbagai daerah, antara lain Bandung, Makasar, Blitar, dan Padang. Dalam pelaksanaan ujicoba tersebut, ditemukan sub masalah yakni digital behavior yang berbeda antara satu wilayah dan lainnya yang dipengaruhi faktor geografis dan psikografis. Maka, penelitian ini bertujuan untuk membangun strategi perancangan highfidelity berbasis user experience masyarakat Indonesia yang direpresentasikan oleh orang tua penyandang disabilitas dari Kota Bandung, Makasar, Blitar dan Padang. Penelitian menggunakan mix methods kuantitatif dan kualitatif yang bertujuan agar konklusi yang sistematik dan objektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell. W.John. (2017). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Pustaka Pelajar, Jogjakarta.

Lewrick, Michael. (2021). The Design Thinking Playbook Kompas Gramedia, Jakarta.

Nastainulloh,Ridho. (2020]. Panduan Figma Desain Website Bisnis, Blog.Master web.com.

Penin, Lara. (2018). Designing Invisible, Blumsburry Publishing,Great Britain.

Raskin, Jeff. (2000). The HumanInterface, Addison Wesley, USA.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Medyasepti, F., Nurfarina, A., Satyagraha, A., Cennywati, & Hansopaheluwakan, N. (2023). Perancangan Highfidelity Media Edukasi DigitalBerbasis User Experience Orang Tua Dari Penyandang Disabilitas Indonesia. VISUALIDEAS, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss1.2023.1106

Most read articles by the same author(s)