ANALISIS PEMASANGAN BOX CULVERT (2 m x 1.5 m) SEBAGAI SALURAN PENYEIMBANG DI KM 54+490 SAMPAI DENGAN KM 55+070
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol9.iss2.2023.1075Kata Kunci:
kereta api, banjir, box culvertAbstrak
Kereta api merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang memegang peran penting dalam mendistribusikan barang dan penumpang. Namun dalam penyelenggaraan perkeretaapian saat ini masih terdapat beberpa kendala terutama disebabkan oleh bencana alam. Secara umum, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 95% bencana yang terjadi di Indonesia didominasi oleh bencana hidrometeorologi yang salah satunya adalah banjir. Pada bulan Februari tahun 2021 telah terjadi banjir di jalur kereta api tepatnya antara Stasiun Lemahabang – Kedunggedeh, DAOP 1 Jakarta pada jalur rel KM54+490 sampai KM 55+070 yang menyebabkan tergogosnya tubuh baan jalur hulu dan hilir jalur kereta api sehingga mengakibatkan terhentinya operasional Kereta Api. Oleh karena itu akan direncanakan box culvert sejumlah 31 buah untuk mengalirkan debit banjir 5 tahunan serta menjadi saluran penyeimbang bagi rel kereta api apabila kembali terjadi fenomena banjir
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dicky Arisikam, Heru Kuswanto, Muhammad Arifudin, Felix Joel Ledowikj
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.