STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PELATIHAN BERBASIS “ROTI” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA PEMASARAN PT. MAGNOLIUM MANDIRI INDONESIA

Authors

  • Deden M Ramdhan Universitas Pasundan
  • Okta Eka Putra Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss2.2022.1069

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Kompetensi, ROTI

Abstract

Sumber daya manusia adalah salah satu aspek yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Salah satu bentuk pengelolaan sumber daya manusia di sebuah perusahaan adalah dengan menyelenggarakan pelatihan kerja. Hal serupa dilakukan oleh PT. Magnolium Mandiri Indonesia dalam meningkatkan kompetensi (skill, knowledge, attitude) terutama pada tenaga penjualan. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mendeskripsikan tentang implementasi pelatihan berbasis “ROTI” yang telah dilakukan oleh PT. Magnolium Mandiri Indonesia. Sumber informasi didapat dari 8 (delapan) orang pihak internal perusahaan dan 4 (empat) orang expert judgement. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, review, wawancara. Melalui teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan, serta dengan tahapan evaluasi model evaluasi 4 (empat) level (reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil) yang dikembangkan oleh Kirkpatrick (1996) diperoleh hasil diantaranya bahwa pelatihan yang telah dilakukan oleh PT. Magnolium Mandiri Indonesia selama ini belum efektif dalam meningkatkan kompetensi tenaga penjualan, adanya kendala pelatihan yang belum terstruktur dan setelah mengimplementasikan model pelatihan berbasis return of training investment (ROTI) kompetensi tensi karyawan meningkat yang ditunjukkan dengan meningkatnya penjualan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Deden M Ramdhan, & Okta Eka Putra. (2023). STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PELATIHAN BERBASIS “ROTI” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA PEMASARAN PT. MAGNOLIUM MANDIRI INDONESIA. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 20(2), 773–784. https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss2.2022.1069