STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PELATIHAN BERBASIS “ROTI” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA PEMASARAN PT. MAGNOLIUM MANDIRI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss2.2022.1069Keywords:
Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Kompetensi, ROTIAbstract
Sumber daya manusia adalah salah satu aspek yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Salah satu bentuk pengelolaan sumber daya manusia di sebuah perusahaan adalah dengan menyelenggarakan pelatihan kerja. Hal serupa dilakukan oleh PT. Magnolium Mandiri Indonesia dalam meningkatkan kompetensi (skill, knowledge, attitude) terutama pada tenaga penjualan. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mendeskripsikan tentang implementasi pelatihan berbasis “ROTI” yang telah dilakukan oleh PT. Magnolium Mandiri Indonesia. Sumber informasi didapat dari 8 (delapan) orang pihak internal perusahaan dan 4 (empat) orang expert judgement. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, review, wawancara. Melalui teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan, serta dengan tahapan evaluasi model evaluasi 4 (empat) level (reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil) yang dikembangkan oleh Kirkpatrick (1996) diperoleh hasil diantaranya bahwa pelatihan yang telah dilakukan oleh PT. Magnolium Mandiri Indonesia selama ini belum efektif dalam meningkatkan kompetensi tenaga penjualan, adanya kendala pelatihan yang belum terstruktur dan setelah mengimplementasikan model pelatihan berbasis return of training investment (ROTI) kompetensi tensi karyawan meningkat yang ditunjukkan dengan meningkatnya penjualan perusahaan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Deden M Ramdhan, Okta Eka Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.