Implementasi Multidimesional Database (MDB) Pada Bidang E Commerce dan Aplikasi Berbasis Image processing Computer Vision (open CV)

Authors

  • Arif Noor Iman Universitas Widyatama
  • Dani Kosasih STIE Ekuitas
  • Heri Heryanto Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1596

Keywords:

Database Multidimensional, E-Commerce, Image Processing, Computer Visio

Abstract

Sebuah database menjadi sebuah hal yang penting agar sebuah aplikasi atau sistem memiliki kemampuan untuk menyimpan dan mengindentifikasi data, semakin berkembang sebuah sistem yang awalnya hanya sistem informasi biasa menjadi lebih inovatif interaktif dengan adanya sistem database ini, sejalan dengan perkembangan aplikasi yang banyak dikembangkan dengan metode AI (artificial intelegence) dan image processing secara tidak langsung berevolusi pula sistem penyimpanan data, sehingga sebuah database tidak hanya menyimpan sebuah data text tapi mampu menyimpan data dalam bentuk image, sistem ini memerlukan pula ketepatan dan sistem yang akurat maka dikembangkan sebuah sistem database multidimensional yang bekerja pada berbagai platform dan bisa meyimpan data secara otomatis, data tersebut kemudian bisa diolah dengan metode serta algoritma tertentu pada bidang e-commerce dan dengan metode computer vision jika data tersebut berbentuk image, dari hosil percobaan database multidimensional mampu merekap sebuah data dan menentukan sendiri paramater data tersebut, pada sistem informasi e-commerce menjadikan sebuah website mempu memberikan informasi data katalog barang yang paling banyak dibeli dan jika dalam bentuk portal berita mampu memberikan informasi berita yang paling banyak dilihat oleh user, sedangkan pada bidang image processing database multidimensional mampu menyimpan data berulang kali dan kemudian menampilkan data gambar yang paling jelas dan sempurna sehingga memiliki tingkat akurasi pembacaan yang tinggi hingga 98%, kelebihan dari database ini adalah mampu bekerja pada semua bahasa pemograman dan bersifat multiplatform.

Downloads

Published

11-12-2023

How to Cite

Iman, A. N., Kosasih, D., & Heryanto, H. (2023). Implementasi Multidimesional Database (MDB) Pada Bidang E Commerce dan Aplikasi Berbasis Image processing Computer Vision (open CV). JUSTINFO | Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1596