Perancangan Visual Branding Desa Wisata Bawomataluo
DOI:
https://doi.org/10.33197/visualideas.vol5.iss1.2025.2396Keywords:
Visual Branding, Desa Wisata, Desa Wisata BawomataluoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual Desa Wisata Bawomataluo di Pulau Nias, Sumatera Utara, guna mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi desa serta meningkatkan daya tarik wisatawan. Identitas visual desa yang kuat diharapkan dapat memperkuat citra desa dan mendukung upaya promosi pariwisata secara efektif. Pendekatan kualitatif digunakan melalui studi literatur, wawancara, dan analisis SWOT untuk menilai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi desa. Elemen-elemen tradisional, seperti motif tumbuhan Nio Woli-Woli yang melambangkan hubungan masyarakat dengan alam, serta motif hewan mitologi Nifolasara yang mewakili kekuatan dan perlindungan, diintegrasikan ke dalam desain visual dengan sentuhan modern. Hasil penelitian ini meliputi serangkaian elemen visual branding, termasuk logo dan media promosi, yang diharapkan dapat memperkuat identitas budaya desa dan mendukung pengembangan pariwisata.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.