Redesign User Interface pada Website Sekolah Menangah Atas (SMA) Negeri Darmaraja
DOI:
https://doi.org/10.33197/visualideas.vol5.iss1.2025.1862Keywords:
User Interface, User Centered Design, Redesign, Website SekolahAbstract
Website sekolah merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah lembaga pendidikan yang umumnya memuat beberapa fitur halaman di dalamnya. Selain memuat fitur yang diperlukan, tampilan visual website juga tentu perlu diperhatikan agar mudah digunakan oleh user. Dalam konteks ini, perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tampilan website SMA Negeri Darmaraja agar mudah untuk digunakan dalam menyampaikan informasi kepada user. Perancangan ini mengusulkan solusi berupa metode User Centered Design, yaitu metode yang pembangunan sistemnya berpusat pada kebutuhan user. Berdasarkan hasil pengumpulan data, perancangan dibuat dengan mengelompokan kebutuhan user dan pengaplikasian melalui prototyping. Pengunaan prinsip-prinsip desain dan metode User Centered Design yang memfokuskan kebutuhan user pada perancangannya pada User Interface SMA Negeri Darmaraja, diharapkan dapat membuat website SMA Negeri Darmaraja menjadi media informasi yang lebih baik dan nyaman untuk digunakan. Hasil akhir perancangan meliputi prototype desain User Interface yang berisikan fitur halaman SMA Negeri Darmaraja, seperti Profil Sekolah, Berita, Kesiswaan, Galeri, dan Kontak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.