Optimalisasi Virtual Reality dan Augmented Reality Dalam Platform Gaming Menuju Masyarakat 5.0

Authors

  • Isroni Muhammad Miraj Mirza Mirza Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.33197/visualideas.vol4.iss1.2024.1732

Keywords:

Teknologi, virtual reality, augmented reality, game, masyarakat 5.0

Abstract

Dewasa ini ada banyak pilihan bagi pengembang game untuk membuat pengalaman gaming yang inovatif dengan menggunakan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Pilihan antara keduanya akan bergantung pada jenis permainan yang ingin dikembangkan, tujuan pengembangan, dan kapasitas perangkat keras yang tersedia. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui studi kepustakaan. Artikel ini mengeksplorasi dampak VR dan AR dalam pengembangan game dan bagaimana keduanya mengubah cara pembuatan dan permainan game. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) telah merevolusi pengembangan game dengan memberikan pengalaman yang mendalam dan interaktif. Teknologi ini telah mengubah cara permainan dibuat, dimainkan, dan dialami. Hasil dari tulisan ini menyatakan bahwa penggunaan teknologi VR dan AR, terlepas dari sejumlah keterbatasan yang ada, melalui kolaborasi antar sejumlah stakeholder terkait, termasuk pengembang game dan pemerintah, dapat dikembangkan lebih jauh untuk menciptakan mekanisme gameplay yang lebih inovatif, dan meningkatkan interaksi sosial antara dunia nyata dan virtual. Oleh karenanya, seiring dengan kemajuan teknologi di era modern saat ini, ada potensi untuk perkembangan yang lebih canggih lagi di dunia game melalui teknologi VR dan AR. Sehingga muncul optimalisasi berkelanjutan dari penggunaan kedua teknologi ini menuju masyarakat 5.0 yang secara integrasi dan penguasaan teknologi digital akan lebih canggih ke depannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Mirza, I. M. M. M. (2024). Optimalisasi Virtual Reality dan Augmented Reality Dalam Platform Gaming Menuju Masyarakat 5.0. VISUALIDEAS, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol4.iss1.2024.1732