Pengaruh Hypebeast Street Style Terhadap Kebutuhan Fashion Konsumen (Studi Kasus Komunitas Dance di Kota Bandung dan Jakarta)

Authors

  • Estining Dyah Wulandari Institut Teknologi Bandung
  • Yan Yan Sunarya Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss2.2023.1436

Keywords:

fashion, hypebeast, street style, komunitas dance, perilaku konsumen, keinginan konsumen

Abstract

Tren merupakan sebuah hal yang erat kaitannya dengan fashion atau pakaian. Perkembangan tren fashion yang kian pesat, menimbulkan terciptanya gaya-gaya baru dalam berbusana. Salah satunya adalah gaya berbusana street style. Gaya berbusana ini terus berkembang hingga akhirnya memunculkan istilah-istilah baru dan tren baru dalam dunia fashion. Hypebeast merupakan istilah baru yang digunakan sebagai sebutan untuk orang-orang yang terobsesi dengan hal-hal baru yang sedang menjadi trend dalam dunia fashion khususnya pada gaya berbusana street style. Tren gaya berbusana Hypebeast sedikit banyak memberikan dampak pada gejolak fashion yang sedang terjadi. Orang-orang berlomba untuk tampil trendi dengan menggunakan produk dari brand ternama seperti BAPE, Supreme, Stussy, Off White, Anti Social Social Club dan masih banyak lagi. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk melihat pengaruh atau dampak dari tren gaya berbusana Hypebeast terhadap kebutuhan fashion konsumen, khususnya para anggota komunitas dance di Kota Bandung dan Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Babu, Dr. V. R., and Arunraj, Mr. A. (2019): Fashion Marketing Management, 9, Woodhead Publishing India PVT LTD, New Delhi, India.

Belleza, S., and Berger, J. (2019): Trickle-Round Signals: When Low Status Is Mixed with High, Oxford University Press on Behalf of Journal of Consumer Research, Inc. https://doi.org/10.1093/jcr/ucz049

Creswell, J. W. (2019): Rancangan Metode Campuran Sekuensial Eksploratori (4th ed.), 301 in Research Design, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kherif, F., and Latypova, A. (n.d.): Principal Component Analysis, Elsevier Inc., (2020), 209. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-815739-8.00012-2

Le Bon, C. (2015): Fashion Marketing Influencing Consumer Choice and Loyalty with Fashion Products, Business Expert Press, LLC, New York.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Wulandari, E. D., & Sunarya, Y. Y. (2023). Pengaruh Hypebeast Street Style Terhadap Kebutuhan Fashion Konsumen (Studi Kasus Komunitas Dance di Kota Bandung dan Jakarta). VISUALIDEAS, 3(2), 83–91. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss2.2023.1436