Peran Referensi Visual Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Desain Interior Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss1.2023.1109Keywords:
Referensi Visual, Komunikasi Interpersonal, Desain Interior, Pembelajaran Jarak Jauh.Abstract
Dalam proses pembelajaran, mahasiswa berkomunikasi dengan dosen. Komunikasi yang intens terjalin mulai dari konsep ide hingga pada hasil akhir. Namun penyampaian ide yang terkait ruang spasial, merupakan hal yang rumit, hal ini berhubungan dengan
ide yang bersifat abstrak. Language barrier diyakini menjadi dasar permasalahan dari bahasa verbal memiliki keterbatasan. Dari sinilah keberadaan gambar menjadi penting. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bantuan referensi gambar
online memiliki peran dalam membantu dalam efektivitas komunikasi pembelajaran jarak jauh antara pelajar dengan pengajar. Untuk menjawab pertanyaan tersebut sejumlah mahasiswa jurusan desain interior diminta menyusun konsep desain mengenai
sebuah masalah interior dengan mengumpulkan referensi gambar yang disusun perelemen interior (Moodboard Pinterest). Sebagai kontrol sejumlah mahasiswa juga diminta untuk menyusun konsep tersebut dengan metode konvensional sketsa. Konsep
tersebut kemudian diujikan dalam kegiatan bimbingan antara mahasiswa dengan dosen secara online menggunakan google meet. 36 mahasiswa desain interior dari beberapa universitas di Indonesia ikut serta secara volunter dalam penelitian ini. Mahasiswa diuji
dengan menilai 3 aspek yaitu, tingkat komunikasi interpersonal, motivasi pembelajaran, dan penguasaan terhadap media pembelajaran. Hasil studi menunjukan kelompok yang menggunakan referensi online Pinterest. ternyata memiliki hasil komunikasi
interpersonal yang lebih baik, namun tidak berbanding lurus dengan faktor motivasi. Karena tidak ada perbedaan yang signifikan, dan pada penguasaan media juga diungguli oleh kelompok dengan referensi online Pinterest.
Downloads
References
Alawamleh, M., Mohannad Al-Twait, L., dan Raafat Al-Saht, G. (2020): The effect of online learning on communication between
instructors and students during Covid-19 pandemic, Emerald Publishing Development, (Jordan). https://doi.org/10.1108/AEDS-06-
-0313.
Bobek, E., dan Tversky, B. (2016): Creating visual explanations improves learning, Springer Open, (USA). https://doi.org/10.1186/s41235-
-0031-6.
Rahman, S. (2021): PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, Pascasarjana Universitas Negeri
Gorontalo, Gorontalo.
Stones, C., dan Cassidy, T. (2010): Seeing and discovering: how do student designers reinterpret sketches and digital marks during graphic
design ideation?, ELSEVIER, (UK). https://doi.org/10.1016/j.destud. 2010.05.003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.