PELATIHAN REMOTE LABORATORY PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PLC DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol9.iss1.2022.912Kata Kunci:
Remote Laboratory, PLC, Media, SMKAbstrak
Penggunaan Remote Laboratory dalam Pembelajaran Praktik yang dilaksankan di Sekolah Menengah Kejuruan saat pembelajaran daring dilaksankan, banyak digunakan untuk memenuhi ketercapaian pembelajaran praktik. Pelatihan dilakukan terhadap guru SMK yang memiliki komptensi dalam bidang praktik, serta pengembangan dalam media pembelajaran. Selama implementasi kegiatan diberikan kemampuan dalam pengelolaan dan penggunaan Remote Laboratory untuk dapat di sesuaikan dengan model pembelajran yang tepat dalam pembelajaran pelajaran praktik PLC. Dari hasil Pelatihan yang dilaksanakan diperoleh hasil dimana peserta kegiatan dapat mengaplikasikan pengguaan remote laboratori dengan hasil yang dapat diterapkan langsung kepada siswa SMK. Dari hasil pelatihan diperolah bahwa tingkat penguasaan peserta dalam hal pengoperasian Remote Laboratory dapat dikuasai seseuai dengan kriteria minimum penilaian. Remote Laboratory secara langsung dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung seperti melaksanakan pembelajaran praktik di laboratorium.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2022-12-21 (2)
- 2022-12-15 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Neris Peri Ardiansyah, Ajeng Mayang Kurniaviep Sugeng, Ase Sunarya, Yudi Barnadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.