PELATIHAN REMOTE LABORATORY PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PLC DI SMK

Penulis

  • Neris Peri Ardiansyah Universitas Widyatama https://orcid.org/0000-0001-7961-6673
  • Ajeng Mayang Kurniaviep Sugeng Universitas Widyatama
  • Ase Sunarya Universitas Widyatama
  • Yudi Barnadi Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol9.iss1.2022.912

Kata Kunci:

Remote Laboratory, PLC, Media, SMK

Abstrak

Penggunaan Remote Laboratory dalam Pembelajaran Praktik yang dilaksankan di Sekolah Menengah Kejuruan saat pembelajaran daring dilaksankan, banyak digunakan untuk memenuhi ketercapaian pembelajaran praktik. Pelatihan dilakukan terhadap guru SMK yang memiliki komptensi dalam bidang praktik, serta pengembangan dalam media pembelajaran. Selama implementasi kegiatan diberikan kemampuan dalam pengelolaan dan penggunaan Remote Laboratory untuk dapat di sesuaikan dengan model pembelajran yang tepat dalam pembelajaran pelajaran praktik PLC. Dari hasil Pelatihan yang dilaksanakan diperoleh hasil dimana peserta kegiatan dapat mengaplikasikan pengguaan remote laboratori dengan hasil yang dapat diterapkan langsung kepada siswa SMK. Dari hasil pelatihan diperolah bahwa tingkat penguasaan peserta dalam hal pengoperasian Remote Laboratory dapat dikuasai seseuai dengan kriteria minimum penilaian. Remote Laboratory secara langsung dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung seperti melaksanakan pembelajaran praktik di laboratorium.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-15 — Diperbaharui pada 2022-12-21

Versi

Cara Mengutip

[1]
N. P. Ardiansyah, Ajeng Mayang Kurniaviep Sugeng, Ase Sunarya, dan Yudi Barnadi, “PELATIHAN REMOTE LABORATORY PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PLC DI SMK”, jitter, vol. 9, no. 1, Des 2022.

Terbitan

Bagian

Articles