DECISION SUPPORT SYSTEM FOR EARLY DETECTION OF STUDENT MENTAL HEALTH USING FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss3.2022.903Kata Kunci:
decision support system, mental health, fuzzy simple additive weighting, studentsAbstrak
Masalah kesehatan mental yang tinggi mengakibatkan penurunan peran akademik , mahasiswa yang mengalami trauma berulang perlu melakukan konseling agar potensinya dapat berkembang secara optimal, mampu mengatasi masalahnya serta mampu menyesuaikan diri di tengah perubahan yang sering terjadi. Belum adanya pemeriksaan kesehatan yang rutin dilakukan oleh mahasiswa menyebabkan diperlukannya sebuah cara untuk mendukung dalam pengambilan keputusan. Untuk itu diperlukan sebuah metode untuk mendeteksi secara dini tingkat kesehatan mental mahasiswa dengan metode fuzzy simple additive weighting yang hasilnya dapat menjadi rekomendasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan 10 sampel data mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan self reporting questionnaire (SRQ-20) dengan tingkat yang berbeda-beda yaitu : 5 mahasiswa yang direkomendasikan memiliki tingkat kesehatan mental berat, 4 mahasiswa direkomendasikan memiliki kesehatan mental sedang dan 1 mahasiswa memiliki tingkat kesehatan ringan. Untuk mahasiswa yang memiliki kesehatan berat dan sedang maka diperlukan konsultasi psikologis secara rutin.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nawindah Nawindah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.