PERENCANAAN STABILISASI DAN PERKUATAN TANAH DASAR JALUR KERETA API

Penulis

  • Dicky Arisikam PT Kereta Api Indonesia (Persero)
  • Awan Hermawan Purwadinata PT Kereta Api Indonesia (Persero)
  • Isah Bela Mulyawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss2.2022.860

Kata Kunci:

stabilitas, perbaikan tanah, tanah lunak, jalur kereta api, plaxis

Abstrak

Jalan kereta api umumnya dibangun di atas subgrade yang memiliki daya dukung tinggi agar dapat menahan beban dan mencegah penurunan ballast sehingga rel tetap pada tempatnya. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kebutuhan jalan rel semakin meningkat dan beberapa lokasi jalan kereta api sangat mungkin dibangun di atas tanah lempung lunak sehingga rentan mengalami ketidakstabilan tanah seperti amblesan di sepanjang jalur hilir yang terjadi pada daerah rawan KM 348+200 s.d. 349+600 di Emplasemen Stasiun Talang Padang Divre III Palembang. Penanganan yang bisa dilakukan dengan penambahan perkuatan pada tanah untuk meningkatkan daya dukung yang dapat menahan beban dinamis kereta api. Penelitian ini membahas mengenai metode penanganan dengan tiga alternatif yaitu (1) metode perkuatan tanah alternatif ke-1 menggunakan pelat beton dan kayu gelam, (2) metode perkuatan tanah alternatif ke-2 menggunakan matras bambu dan kayu gelam, (3) metode perkuatan tanah alternatif ke-3 menggunakan portal dan geotextile.  Analisis perhitungan dilakukan menggunakan program PLAXIS 2D CE V20 dengan tiga alternatif penanganan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) alternatif ke-1 deformasi sebesar 29.51 cm dengan faktor keamanan 1.398, (2) alternatif ke-2 deformasi sebesar 31.56 cm dengan faktor keamanan 1.445, (3) alternatif ke-3 deformasi sebesar 0.71 cm dengan faktor keamanan 2.237. Berdasarkan ketiga alternatif, metode yang dapat dilakukan untuk karakteristik tanah pada lokasi studi yaitu alternatif ke-3 dengan menggunakan portal dan geotextile, dimana FK > 1.5  melebihi nilai faktor keamanan minimum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-15

Cara Mengutip

[1]
D. Arisikam, A. H. Purwadinata, dan I. B. . Mulyawati, “PERENCANAAN STABILISASI DAN PERKUATAN TANAH DASAR JALUR KERETA API”, jitter, vol. 8, no. 2, Apr 2022.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2