EVALUASI PENERAPAN MERDEKA BERLAJAR KAMPUS MERDEKA DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS WIDYATAMA
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss2.2022.794Kata Kunci:
Pendidikan, Proses pembelajaran, perubahan perilaku, kebijakan, MBKMAbstrak
Perubahan tingkat pengetahuan peserta didik dapat diketahui dengan hasil yang dapat dibuktikan, salah satunya melalui pengujian tertulis untuk mendapat nilai akhir. Fenomena kemampuan peserta didik yang telah lulus dari perguruan tinggi dan mempunyai kapasitas pengetahuan dari proses pembelajaran selama perkuliahan, ternyata tidak cukup membantu untuk menyelesaikan permasalahan di dunia kerja. Pendidikan yang diamanatkan oleh pemerintah dalam perundang-undangan, secara jelas memberikan kemudahan dan kebebasan penyelenggaraan pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan diarahkan pula perubahan perilaku dan pengetahuan secara permanen. Disamping itu pula pelaksanaan proses pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan di ruang kelas sebagaimana biasanya, namun boleh pelaksanaannya di mana saja. Bila melihat amanat dari pemerintah tersebut, maka kebijakan yang digulirkan oleh Kemendikbud-Ristek dalam bentuk merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) sangatlah relevan. Adapun permasalahan yang muncul dalam penerapannya, seperti: 1) Belum adanya kebijakan pimpinan dari perguruan tinggi, 2) Sosialisasi yang perlu dilakukan, 3) Bagaimana bentuk kerjasama dengan pihak eksternal, 4) Bagaimana persyaratan dan pelaporan yang diperlukan mahasiswa MBKM, 5) Bagaimana revisi kurikulum, 6) Bagaimana pemilihan dosen pembimbing, jika mahasiswa tidak sesuai tempat MBKM dengan bidang keilmuannya, 7) Bagaimana penyesuaian rekognisi dengan mata kuliah, 8) Bagaimana pelaporan data ke PDDIKTI bagi mahasiswa yang mengikuti MBKM. Hal-hal tersebut yang akan menjadi bahan evaluasi penerapan MBKM.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ucu Nugraha, Muhammad Rozahi Istambul, Yani Iriani, Hari Supriadi, Riki Ridwan Margana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.