MODELING OF DIGITALIZATION AND VISUALIZATION OF LABOR COMPLAINTS USING OCR, FEATURE EXTRACTION AND BUSINESS INTELLIGENCE

Penulis

  • Yan Puspitarani Universitas Widyatama
  • Sukenda Sukenda Universitas Widyatama
  • Ari Purno Wahyu Universitas Widyatama
  • Benny Yustim Universitas Widyatama
  • Sunjana Sunjana Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol7.iss2.2021.592

Kata Kunci:

Employment complaints, visualization, business intelligence

Abstrak

Penanganan pengaduan ketenagakerjaan merupakan salah satu faktor kinerja Disnakertrans. Kinerja ini berhubungan dengan keputusan yang harus diambil   untuk menentukan kebijakan agar pelanggaran norma ketenagakerjaan dapat berkurang. Pengambilan keputusan ini akan lebih mudah jika data pengaduan dapat direkapitulasi secara cepat dan akurat. Rekapitulasi ini akan menjadi alat pantau pimpinan dalam melihat laporan kemajuan status pengaduan yang masuk. Akan tetapi proses administrasinya yang manual membuat rekapitulasinya semakin lambat. Oleh karena itu, penelitian ini akan memodelkan sistem digitalisasi pelaporan pengaduan dengan memanfaatkan OCR dan ekstraksi informasi serta memodelkan visualisasi hasil rekapitulasi menggunakan Business Intelligence. Dengan dibuatnya model ini, diharapkan kinerja Disnakertrans dalam menyelesaikan pengaduan ketenagakerjaan lebih efektif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-12

Cara Mengutip

[1]
Y. Puspitarani, S. Sukenda, A. P. Wahyu, B. Yustim, dan S. Sunjana, “MODELING OF DIGITALIZATION AND VISUALIZATION OF LABOR COMPLAINTS USING OCR, FEATURE EXTRACTION AND BUSINESS INTELLIGENCE”, jitter, vol. 7, no. 2, hlm. 166–171, Apr 2021.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>