MODELING OF DIGITALIZATION AND VISUALIZATION OF LABOR COMPLAINTS USING OCR, FEATURE EXTRACTION AND BUSINESS INTELLIGENCE
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol7.iss2.2021.592Kata Kunci:
Employment complaints, visualization, business intelligenceAbstrak
Penanganan pengaduan ketenagakerjaan merupakan salah satu faktor kinerja Disnakertrans. Kinerja ini berhubungan dengan keputusan yang harus diambil untuk menentukan kebijakan agar pelanggaran norma ketenagakerjaan dapat berkurang. Pengambilan keputusan ini akan lebih mudah jika data pengaduan dapat direkapitulasi secara cepat dan akurat. Rekapitulasi ini akan menjadi alat pantau pimpinan dalam melihat laporan kemajuan status pengaduan yang masuk. Akan tetapi proses administrasinya yang manual membuat rekapitulasinya semakin lambat. Oleh karena itu, penelitian ini akan memodelkan sistem digitalisasi pelaporan pengaduan dengan memanfaatkan OCR dan ekstraksi informasi serta memodelkan visualisasi hasil rekapitulasi menggunakan Business Intelligence. Dengan dibuatnya model ini, diharapkan kinerja Disnakertrans dalam menyelesaikan pengaduan ketenagakerjaan lebih efektif
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.