USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK MASKER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DI ARALUZE KONVEKSI BANDUNG

Penulis

  • Jessica Marcelline Mesinay Widyatama University
  • Rifqi Arief Adrianto Universitas Widyatama
  • Reina Syahfina Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol7.iss2.2021.524

Kata Kunci:

Six Sigma, Zero Defect, Kualitas

Abstrak

Pandemi Corona Virus Disease-19 di Indonesia berkembang sangat pesat dan bertransmisi melalui droplet yang keluar dari mulut dan hidung. Maka, World Health Oganization (WHO) menyarankan pemakaian masker untuk menekan angka penularan virus ini. Kebutuhan masker tentu meningkat sehingga banyak pelaku usaha seperti konveksi yang memproduksi masker dengan jumlah banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas masker kain dengan mengidentifikasi kecacatan yang terjadi pada produk, akar permasalahan, serta solusi yang diberikan di Araluze Konveksi. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data kecacatan produk selama 30 hari yang diperoleh dari Araluze Konveksi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan peta kendali, diagram pareto, diagram fishbone, dan perhitungan nilai DPMO. Diperoleh nilai sigma sebesar 3,39% dengan jenis cacat tertinggi yaitu jahitan tidak rapi. Setelah mengetahui penyebab kecacatan, maka diberikan usulan perbaikan untuk mengurangi kecacatan hingga nol (zero defect).

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-12

Cara Mengutip

[1]
J. M. Mesinay, R. A. Adrianto, dan R. Syahfina, “USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK MASKER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DI ARALUZE KONVEKSI BANDUNG”, JITTER, vol. 7, no. 2, hlm. 89–93, Apr 2021.

Terbitan

Bagian

Articles