Fuzzy Inference System For Recommendation Of Students Depression Level

Penulis

  • Nawindah Nawindah Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol10.iss3.2024.2187

Kata Kunci:

Fuzzy Inference System, Logika fuzzy, Depresi, DASS-21, Deteksi dini

Abstrak

Depresi umum terjadi pada masyarakat modern yang dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan misalnya permasalahan perilaku, sosial dan psikologis. Sanggar Kegiatan Belajar 26 Bintaro merupakan institusi pendidikan non formal yang belum memiliki guru konseling seperti sekolah formal lainnya, sehingga dibutuhkan alat bantu untuk melakukan deteksi dini tingkat depresi siswa berupa sistem rekomendasi tingkat depresi apakah pada tingkat normal, ringan, sedang atau berat yang bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru untuk memberikan solusi yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah logika fuzzy dengan tujuh (7) variabel input yang bersumber pada kuesioner Depression Anxiety Stress Scale-21 (DASS-21) dan empat variabel output yaitu normal depresi level ringan, depresi level sedang dan depresi level berat. Bahasa program yang digunakan bahasa python menggunakan library simpful. Hasil penelitia berupa pengukuran dengan menggunakan DASS-21 untuk depresi hasil rekomendasinya sama dengan menggunakan metode logika fuzzy, sehingga logika fuzzy dapat digunakan untuk melakukan rekomendasi deteksi dini tingkat depresi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-18

Cara Mengutip

[1]
N. Nawindah, “Fuzzy Inference System For Recommendation Of Students Depression Level”, jitter, vol. 10, no. 3, Agu 2024.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama