PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE LAZADA (STUDI PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG)

Authors

  • Ilham Priangga Universitas Widyatama
  • Fansuri Munawar Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jbme.vol19.iss2.2021.815

Keywords:

Online Customer Review, Online Customer Rating, Kepuasan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Lazada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode assosiatif kausal  analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 178 Mahasiswa di Kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling yaitu accidental sampling. Data diperoleh dari responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil perhitungan regresi diperoleh nilai sebesar 3.977. Demikan pula Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian.yang berpengaruh signifikan dengan hasil perhitungan regresi diperoleh nilai sebesar 3.406. Online Customer Review dan Online Customer Rating berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil statistik uji regresi simultan diperoleh nilai sebesar 18.515. Hasil uji koefisien determinasi pada model regresi adalah sebesar 0.418. Hal ini berarti bahwa pengaruh online variabel review dan rating memiliki proporsi pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 41.8% sedangkan sisanya yaitu 58.2% dipengaruhi oleh variabel lain

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Priangga, I., & Munawar, F. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE LAZADA (STUDI PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 19(2), 399–413. https://doi.org/10.33197/jbme.vol19.iss2.2021.815