KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA BERDASARKAN PERSEPSI KARYAWAN, APAKAH BERHUBUNGAN? (STUDI PADA PT. X, PERUSAHAAN DALAM INDUSTRI TEKSTIL DAN PAKAIAN JADI)

Authors

  • Rizka Nugraha Pratikna Universitas Katolik Parahyangan
  • Carmela Kaloka Putri Universitas Katolik Parahyangan
  • Triyana Iskandarsyah Universitas Katolik Parahyangan
  • Angela Teressia Universitas Katolik Parahyangan

Keywords:

kualitas kehidupan kerja, kepuasan kerja, industri tekstil, Karyawan dan Manufaktur

Abstract

Berdasarkan proyeksi nilai ekspor Indonesia pada tahun 2019, industri tekstil dan pakaian jadi menyumbang lebih dari 50% menyusul perkembangannya yang terus membaik dari awal tahun 2019. Kondisi yang baik dalam industri tekstil tentunya menjadi daya tarik tersendiri dan meningkatkan persaingan. Dalam memenangkan persaingan perusahaan tentunya membutuhkan produktivitas yang mendukung penciptaan kinerja baik. Tohardi menyampaikan bahwa salah satu hal yang dapat dilakukan dalam kegiatan produktivitas adalah mengelola sumber daya manusia dengan baik, karena merupakan pemeran utama dalam peningkatan produktivitas dengan berbagai aktivitas operasional yang dilakukan (Tohardi, 2002). Orang dengan tingkat kepuasan kerja tinggi memiliki pandangan positif terhadap pekerjaannya, begitupula sebaliknya, mereka yang memiliki pandangan negatif terhadap pekerjaannya merupakan orang dengan tingkat kepuasan kerja rendah (Robbin & Judge, 2013). Salah satu hal yang mendukung pencapaian kepuasan kerja adalah rasa aman pada karyawan, dimana mereka secara relative merasa puas dan mendapat kesempatan bertumbuh dan berkembang (Cascio, 1991). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hubungan kualitas kehidupan kerja dan kepuasan kerja berdasarkan persepsi karyawan PT. X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan data primer dari hasil wawancara dan kuesioner. Korelasi Pearson digunakan dalam melakukan analisis hubungan variabel kualitas kehidupan kerja dan kepuasan kerja berdasarkan persepsi karyawan. Hasil penelitian ini adalah bahwa kualitas kehidupan kerja memiliki hubungan yang cukup kuat dengan kepusan kerja karyawan di PT. X. Nilai kolerasi sebesar 0.520 dan berada pada interval koefisien antara 0,40 ? 0,599. Hal ini berarti semakin baik penerapan kualitas kehidupan kerja maka semakin tinggi tingkat kepuasan kerja karyawan di PT. X.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Pratikna, R. N., Putri, C. K., Iskandarsyah, T., & Teressia, A. (2021). KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA BERDASARKAN PERSEPSI KARYAWAN, APAKAH BERHUBUNGAN? (STUDI PADA PT. X, PERUSAHAAN DALAM INDUSTRI TEKSTIL DAN PAKAIAN JADI). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 18(1), 202–211. Retrieved from https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/666