STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI SEKTOR PERMUKIMAN PASCA BENCANA BANJIR (Studi Deskriptif Masyarakat Korban Banjir Di Sepanjang DAS Cimanuk Kabupaten Garut)
Keywords:
Komunikasi Persuasif, Tim Pendampingan MasyarakatAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan strategi komunikasi persuasif dalam pendampingan masyarakat korban bencana banjir Sungai Cimanuk Kabupaten Garut. Keberhasilan dari penelitian ini diharapkan berguna untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif dalam pendampingan masyarakat banjir dan pihak stakeholder mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang efektif supaya masyarakat siap dipindahkan dari lokasi lama ke lokasi permukiman baru. Penelitian ini studi memfokuskan tentang strategi komunikasi persuasif pada pendampingan masyarakat korban bencana banjir Sungai Cimanuk Kabupaten Garut dengan lokasi penelitian di Masyarakat Korban Banjir Daerah Aliran Sungai Cimanuk Kabupaten Garut yang termasuk dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 360/Kep.729.Disperkim/2017. Populasi penelitian ini, difokuskan kepada masyarakat korban bencana banjir di sepanjang Cimanuk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Pada tahap pengolahan data menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran tim pendamping mempunyai peran penting dalam strategi komunikasi persuasif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.