PENGARUH KEMAMPUAN BELAJAR AKUNTANSI DAGANG DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI ACCURATE (Studi Kasus Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024)

Authors

  • Elisa Tri Sarwendah Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Siswo Subagyo Universitas Bhinneka PGRI, Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33197/jbme.vol22.iss2.2024.2210

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan belajar akuntansi dagang dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar komputer akuntansi accurate siswa XI Akuntansi SMK Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data dengan angket untuk memperoleh data Motivasi Belajar siswa dan dokumentasi berupa nilai ulangan harian siswa untuk memperoleh data kemampuan Belajar siswa serta prestasi belajar komputer akuntansi accurate. Sampel dalam penelitian ini diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Dari hasi analisis data terbukti f hitung 47,642 > f tabel yaitu 3,13. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dinyatakan ada pengaruh positif yang signifikan Kemampuan belajar akuntansi dagang dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar komputer akuntansi accurate kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Tri Sarwendah, E., & Subagyo, S. (2025). PENGARUH KEMAMPUAN BELAJAR AKUNTANSI DAGANG DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI ACCURATE (Studi Kasus Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 22(2), 1–10. https://doi.org/10.33197/jbme.vol22.iss2.2024.2210