LIFESTYLE DAN VARIETY SEEKING PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN BRAND SWITCHING PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG PADA IPHONE (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Bandung)

Authors

  • Indang Ayu Suprapto Faculty of Economics and Business, Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jbme.vol21.iss2.2023.2086

Keywords:

Lifestyle, Variety Seeking, Brand Switching, Generasi Z, Smartphone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh gaya hidup (lifestyle) dan variety seeking terhadap keputusan brand switching dari pengguna smartphone Samsung ke iPhone di kalangan generasi Z di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 112 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item dalam kuesioner valid dan reliabel. Model regresi yang digunakan memenuhi asumsi klasik seperti normalitas, tidak adanya multikolinieritas, dan homoskedastisitas. Uji hipotesis secara parsial mengungkapkan bahwa gaya hidup dan pencarian variasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek, dengan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel dan signifikansi kurang dari 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa aspek gaya hidup dan keinginan untuk mencari variasi baru merupakan faktor penting dalam keputusan generasi Z untuk berpindah dari Samsung ke iPhone.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Suprapto, I. A. (2024). LIFESTYLE DAN VARIETY SEEKING PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN BRAND SWITCHING PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG PADA IPHONE (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Bandung) . Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 21(2), 940–953. https://doi.org/10.33197/jbme.vol21.iss2.2023.2086