LITERASI DIGITAL MASYARAKAT DESA SIDOMULYO SUMATERA SELATAN DALAM PEMASARAN OLAHAN MAKANAN BERDASARKAN PRODUK BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL

Authors

  • Sendi Okta Saputra Universitas Jambi
  • Moh. Imam Universitas Lambung Mangkurat
  • A. Aswan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33197/jbme.vol21.iss1.2023.1070

Keywords:

Literasi digital, Pemasaran, Bioteknologi konvensional

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui literasi digital masyarakat Desa Sidomulyo Sumatera Selatan dalam pemasaran olahan makanan berbasis produk bioteknologi konvensional. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus dilakukan untuk penyelidikan secara mendalam terhadap kasus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital sangat memiliki peranan penting dalam media akses bagi masyarakat desa Sidomulyo Sumatera Selatan seperti facebook yang tidak asing dan tetap menjadi tren di kalangan masyarakat khusus kaum ibu rumah tangga yang memanfaatkan media facebook sebagai sarana pemasaran usaha makanan berbasis bioteknologi konvensional. Produk yang dihasilkan merupakan olahan makanan melalui pemilihan bahan dari hasil fermentasi secara konvensional yang dipasarkan dan banyak diminati masyarakat seperti berbagai olahan makanan kue, donat, dan martabak. Berdasarkan kebiasaan harian ibu rumah tangga masyarakat Sidomulyo Sumatera Selatan dapat memberikan dampat positif bagi kesejahteraan ekonomi kreatif lingkungan masyarakat dalam pemenuhan pangan berbasis usaha makanan produk lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Sendi Okta Saputra, Moh. Imam, & A. Aswan. (2023). LITERASI DIGITAL MASYARAKAT DESA SIDOMULYO SUMATERA SELATAN DALAM PEMASARAN OLAHAN MAKANAN BERDASARKAN PRODUK BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 21(1), 811–818. https://doi.org/10.33197/jbme.vol21.iss1.2023.1070