ANALISIS KAJIAN OPERASIONAL PT. UNILEVER, TBK
DOI:
https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss2.2022.1060Keywords:
Operational, Product Development, Quality ControlAbstract
Perusahaan besar seperti Unilever tetap perlu memperhatikan kegiatan operasionalnya yang meliputi pengembangan produk, peramalan kebutuhan, pengelolaan kualitas, perencanaan strategi proses, perencanaan pengembangan lokasi, dan rancangan tata letak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan produk, peramalan kebutuhan, pengelolaan kualitas, perencanaan strategi proses, perencanaan pengembangan strategi lokasi, dan rancangan tata letak dari PT. Unilever, Tbk. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan studi pustaka dengan membandingkan antara teori dan fakta yang terjadi di perusahaan. Hasilnya menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan penganekaragaman portofolio merek yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kategori produk keperluan rumah tangga dan perawatan tubuh. Perusahaan menangani keluhan dan pertanyaan konsumen melalui sebuah layanan konsumen khusus yang disebut “Suara Konsumen.” Melalui Suara Konsumen, perusahaan berupaya untuk mempererat hubungan dengan memberikan respon atas aspirasi dan ekspektasi konsumen terhadap produk-produk Unilever sekaligus untuk meningkatkan kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi produk-produk Unilever
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alif Pranata, Yukio Dharma Al Falah, Zaby Azka Bunyamin, Agatha Rinta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.