ANALISIS KAJIAN OPERASIONAL PT. UNILEVER, TBK

Authors

  • Alif Pranata Universitas Widyatama
  • Yukio Dharma Al Falah Universitas Widyatama
  • Zaby Azka Bunyamin Universitas Widyatama
  • Agatha Rinta Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss2.2022.1060

Keywords:

Operational, Product Development, Quality Control

Abstract

Perusahaan besar seperti Unilever tetap perlu memperhatikan kegiatan operasionalnya yang meliputi pengembangan produk, peramalan kebutuhan, pengelolaan kualitas, perencanaan strategi proses, perencanaan pengembangan lokasi, dan rancangan tata letak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan produk, peramalan kebutuhan, pengelolaan kualitas, perencanaan strategi proses, perencanaan pengembangan strategi lokasi, dan rancangan tata letak dari PT. Unilever, Tbk. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan studi pustaka dengan membandingkan antara teori dan fakta yang terjadi di perusahaan. Hasilnya menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan penganekaragaman portofolio merek yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kategori produk keperluan rumah tangga dan perawatan tubuh. Perusahaan menangani keluhan dan pertanyaan konsumen melalui sebuah layanan konsumen khusus yang disebut “Suara Konsumen.” Melalui Suara Konsumen, perusahaan berupaya untuk mempererat hubungan dengan memberikan respon atas aspirasi dan ekspektasi konsumen terhadap produk-produk Unilever sekaligus untuk meningkatkan kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi produk-produk Unilever

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Pranata, A., Yukio Dharma Al Falah, Zaby Azka Bunyamin, & Agatha Rinta. (2023). ANALISIS KAJIAN OPERASIONAL PT. UNILEVER, TBK. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 20(2), 667–679. https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss2.2022.1060