PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE MASYARAKAT KOTA BANDUNG)

Authors

  • Muhammad Zakariyya Yahya Universitas Widyatama
  • Pipin Sukandi Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1057

Keywords:

Promosi, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Masyarakat tidak asing dengan istilah marketplace. Yaitu salah satu media belanja online yang banyak di digunakan oleh masyarakat Indonesia karena mudah digunakan dan jangkauannya yang luas, serta dapat mengefisienkan waktu tanpa perlu ke lokasi belanja. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah Shopee. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis linier berganda. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu teknik sampling simple random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel promosi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkan hasil uji simultan, maka dapat disimpulkan promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Pihak Shopee dapat memberikan promosi yang lebih menarik dan bervariasi bagi konsumen dengan memperbanyak diskon, cashback, gratis ongkir agar membuat konsumen melakukan keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Yahya, M. Z., & Sukandi, P. (2023). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE MASYARAKAT KOTA BANDUNG). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 20(1), 623–635. https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1057