PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE MASYARAKAT KOTA BANDUNG)
DOI:
https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1057Keywords:
Promosi, Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Masyarakat tidak asing dengan istilah marketplace. Yaitu salah satu media belanja online yang banyak di digunakan oleh masyarakat Indonesia karena mudah digunakan dan jangkauannya yang luas, serta dapat mengefisienkan waktu tanpa perlu ke lokasi belanja. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah Shopee. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis linier berganda. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu teknik sampling simple random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel promosi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkan hasil uji simultan, maka dapat disimpulkan promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Pihak Shopee dapat memberikan promosi yang lebih menarik dan bervariasi bagi konsumen dengan memperbanyak diskon, cashback, gratis ongkir agar membuat konsumen melakukan keputusan pembelian
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Zakariyya Yahya, Pipin Sukandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.