Pengaruh Pengendalian Internal dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Laporan Keuangan

  • Ingrid Larasati Agustina Widyatama University
  • Agus Bagianto STIE Muhammadiyah

Abstract

Dengan banyaknya berbagai permasalahan dalam perusahaan di Indonesia, maka dapat dikatakan bahwa penerapan internal control dan GCG di Indonesia belum sepenuhnya berhasil. Perusahaan public belum sepenuhnya bersedia untuk menjalankan internal control dan prinsip-prinsip GCG dalam perilaku dan kegiatan pengelolaan perusahaan sehari-hari. GCG sendiri tidak serta merta dapat diterapkan secara baik oleh pihak-pihak yang ada dalam perusahaan itu sendiri, tetapi perlu adanya dukungan dari pihak regulator untuk membuat suatu payung hukum yang menaungi penerapan GCG.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pengendalian internal  dan corporate governance terhadap kualitas laporan keuangan pada perbankan di kota Bandung, baik secara simultan maupun secara parsial.

Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi yang digunakan adalah populasi sampel. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh.  Tenik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dengan skala pengukuran likert.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal control dan corporate governance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laporan keuangan. Secara simultan, pengendalian internal dan good corporate governance memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dimana melalui uji f dengan uji dua pihak pada taraf nyata 5% didapatkan f hitung sebesar 34,57 ternyata lebih besar dari f tabel 6,94. Sedangkan secara parsial, pengendalian internal memiliki pengaruh paling signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, dimana t-hitungnya sebesar 4,382 lebih besar daripada  good corporate governance  sebesar 3,499

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-16