ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN BANK BERDASARKAN PENGAMBILAN KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss3.2022.883Kata Kunci:
Segmentasi Pelanggan, K-Means Clustering, Metode Elbow, Data MiningAbstrak
Untuk mengoptimalkan pembiayaan suatu perusahaan, analisis segmentasi pelanggan ditujukan agar penawaran pembiayaan tepat sasaran. Segmentasi pelanggan sering kali menggunakan algoritma K-means Clustering sebagai metode untuk membantu dalam pengelompokan menjadi beberapa klaster sehingga mendapatkan visualisasi data yang signifikan hasilnya. Algoritma K-means Clustering merupakan salah satu dari teknik data mining yang dapat membagi data dalam suatu himpunan ke dalam beberapa kelompok yang mana kesamaan data dalam suatu kelompok lebih besar dibandingkan kesamaan data tersebut dengan data dalam kelompok lain. Penentuan jumlah cluster terbaik bisa dilakukan berdasarkan metode elbow. Berdasarkan metode elbow 4 cluster adalah cluster terbaik dari semua kemungkinan cluster. Hasil dari k-means clustering dari 1000 data yang ada didapat jumlah dari cluster 1 dengan jumlah 286 nasabah dengan presentase 28,6% , cluster 2 dengan jumlah 130 nasabah dengan presentase 13%, cluster 3 dengan jumlah terbesar yaitu 542 nasabah dengan presentase 54,2% , dan cluster 4 memiliki jumlah sebaran terendah yaitu 42 nasabah dengan presentase 4,2% dari total keseluruhan data.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nuril Ahsina, Fety Fatimah, Fitria Rachmawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.