A Pembangunan Aspek Estetika Game Edukasi Berbasis Massively Multiplayer Online

Penulis

  • Fajar Darmawan Universitas Pasundan
  • Abdi Lazuardi Pratama
  • Handoko Supeno

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss2.2022.796

Kata Kunci:

estetika, FBE, DGBL, kampus, orientasi

Abstrak

Campus online MMO RPG merupakan game yang dapat di gunakan sebagai simulasi bagi mahasiswa baru yang tidak dapat untuk datang ke kampus untuk melakukan orientasi karena adanya wabah menular. Oleh karena itu game Campus Online MMORPG juga memerlukan visual yang dapat membuat mahasiswa baru sebagai pemain merasakan seperti apa bentuk visual pada kampus, sehingga membuat pemain merasa nyaman pada saat belajar dan bagaimana budaya pada kampus yang dapat di bayangkan oleh mahasiswa baru. Dikarenakan perlunya pemvisualan pada game agar mehasiswa baru dapat membayangkan lingkungan pada kampus layaknya di dunia nyata maka perlu dibuatkan estetika yang dapat mewakili bentuk pada kampus agar mahasiswa sendiri dapat merasakan pengalaman berada pada kampus layaknya dunia nyata dan merasa nyaman saat bermain dan belajar melalui game.

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan estetika yang dapat menggambarkan kehidupan pada kampus. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literature melalui penelitian yang sudah ada. Dengan melakukan kombinasi andatara FBE dan DGBL. Serta melakukan testing yang menggunakan pengukuran keberhasilan skala likert dari kuesioner.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah estetika yang dapat menggambarkan kehidupan di kampus secara virtual melalui media video game, dan meningkatkan kenyamanan pembelajaran kepada pemain

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-15

Cara Mengutip

[1]
Fajar Darmawan, A. L. . Pratama, dan H. . Supeno, “A Pembangunan Aspek Estetika Game Edukasi Berbasis Massively Multiplayer Online”, jitter, vol. 8, no. 2, Apr 2022.

Terbitan

Bagian

Articles