ANALISIS USER EXPERIENCE UNTUK VIRTUAL GALLERY 3D MENGGABUNGKAN PANORAMA FOTO SEBAGAI MEDIA INFORMASI CANDI HINDU BUDHA
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.725Kata Kunci:
User Experience, Virtual Gallery, Virtual 3D, Panorama FotoAbstrak
Teknologi realitas maya dan dunia virtual menjadi salah satu perkembangan teknologi yang terus dikembangkan sebagai media untuk menyampakan informasi maupun konten dalam bentuk digital. Kebutuhan akan media yang inovatif di era revolusi Industri 4.0 menjadi keharusan dan tantangan baru terutama melihat potensi budaya dan sejarahnya yang harus tetap dilestarikan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Salah satu topik yang menjadi tantangan dalam inovasi media saat ini adalah model media informasi yang sebelumnya di desain konvensional dalam menampilkan informasi terutama bidang sejarah, baik itu keilmuan murni maupun sejarah untuk media pembelajaran. Informasi sejarah candi Hindu Budha pada dasarnya merupakan sejarah yang sangat menarik dan wajib diketahui oleh semua orang, baik bagi anak anak, remaja maupun masyarakat umum. Penelitian ini berfokus pada perancangan user experience (UX) untuk virtual galeri 3D menggabungkan panorama foto sebagai media informasi Candi Hindu budha di Jawa Barat berdasarkan pada kemudahan, efisiensi, dan kegunaan untuk pengguna. Metode dalam penelitian ini adalah Desain and Development (DnD). Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kuesioner penelitian yang disebar terdiri atas 15 pertanyaan yang dikelompokkan menjadi lima variabel usability. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa dari 5 variabel usability yang digunakan pada kuesioner, hanya 1 variabel yang signifikan digunakan untuk menganalisis usability aplikasi yaitu memorability. Dari 5 variabel tersebut aplikasi virtual gallery 3D memenuhi 4 variabel lainnya sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi android belum memenuhi kriteria-kriteria Usability, Learnability 85,6 %, System Performance 76,9 %, Eficiency 79,9 %, Memorability 74,2 %, Satisfaction 85,04 %.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ayung Candra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.