BLACK BOX TESTING EQUIVALENCE PARTITIONS UNTUK PENGUJIAN FRONT-END PADA SISTEM AKADEMIK SITODA
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol7.iss3.2021.626Kata Kunci:
Front-end, Black Box, Equivalence Partition, Kelas UjiAbstrak
Aplikasi antar muka pengguna (user interface) atau disebut juga front-end Sistem akademik SITODA yang menarik dan dapat mengatasi permasalahan data-data akademik sangat dibutuhkan oleh bagian kurikulum dan guru pada sekolah SMKIT Insan Toda. Pengujian sistem diperlukan sebelum sistem tersebut diterapkan. Front-end Sistem Akademik SITODA Berbasis Web dibuat menggunakan framework CI dan bahasa pemrograman CSS. Pengujian front-end sistem akademik SITODA menggunakan Black Box, pengujinya bisa bukan orang teknis dari bidang pemrograman, maka untuk pengujian sistem melibatkan seorang bagian kurikulum yang menguji halaman admin dan guru yang akan menguji halaman guru. Pengujian equivalence partitioning untuk sistem akademik SITODA dirancang dengan memeriksa keluaran dan masukan data, dimulai dengan membuat tabel perencanaan pengujian yang berisi kelas uji dan butir uji, selanjutnya dilakukan pengujian untuk setiap butir uji dengan membuat tabel pengujian fungsional. Hasil pengujian Equivalence Partition (EP) bahwa sistem akademik SITODA berjalan sesuai dengan fungsinya karena semua hasil uji berhasil dijalankan sesuai hasil yang diharapkan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.