CUSTOMER PROFILING PADA SUPERMARKET MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MEMILIH PRODUK BERDASARKAN SELERA KONSUMEN DENGAN DAYA BELI MAKSIMUM

Penulis

  • Feri Sulianta Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss1.2014.45

Abstrak

Sebuah  supermarket  dengan  sistem  informasi  berbasiskan komputer  memiliki  data  transaksi  dan  data  master  yang  dikelola dengan baik. Manajemen ingin membuat strategi bisnis berdasarkan  penambangan  historis  data  transaksi  yang dimilikinya.  Salah  satunya  dengan  mencari  tahu  segmentasi pola  perilaku  pelanggan  atau  customer  profiling yang
memiliki daya beli tinggi terhadap barang-barang tertentu. Untuk  itu  akan  dilakukan  pencarian  informasi  berharga terhadap  analisa  data  mining  dengan  aturan  klasterisasi menggunakan  algoritma  K-Means  dalam  mengelompokan pola belanja konsumen terhadap barang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2014-12-01

Cara Mengutip

[1]
F. Sulianta, “CUSTOMER PROFILING PADA SUPERMARKET MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MEMILIH PRODUK BERDASARKAN SELERA KONSUMEN DENGAN DAYA BELI MAKSIMUM”, JITTER, vol. 1, no. 1, Des 2014.

Terbitan

Bagian

Articles