CUSTOMER PROFILING PADA SUPERMARKET MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MEMILIH PRODUK BERDASARKAN SELERA KONSUMEN DENGAN DAYA BELI MAKSIMUM
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss1.2014.45Abstrak
Sebuah supermarket dengan sistem informasi berbasiskan komputer memiliki data transaksi dan data master yang dikelola dengan baik. Manajemen ingin membuat strategi bisnis berdasarkan penambangan historis data transaksi yang dimilikinya. Salah satunya dengan mencari tahu segmentasi pola perilaku pelanggan atau customer profiling yangmemiliki daya beli tinggi terhadap barang-barang tertentu. Untuk itu akan dilakukan pencarian informasi berharga terhadap analisa data mining dengan aturan klasterisasi menggunakan algoritma K-Means dalam mengelompokan pola belanja konsumen terhadap barang.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.