USULAN PENGEMBANGAN BISNIS RURAL LOGISTICS E-COMMERCE DI PT. POS INDONESIA (PERSERO)

Penulis

  • Andri Gunawan PT.POS INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol6.iss3.2020.432

Kata Kunci:

USULAN PENGEMBANGAN BISNIS RURAL LOGISTICS E-COMMERCE DI PT. POS INDONESIA (PERSERO)

Abstrak

Wilayah pedesaan memiliki pasar yang sangat potensial untuk dikembangkan oleh industri perusahaan logistik, karena memiliki permintaan yang cukup besar terhadap kebutuhan barang di pedesaan dimana internet pun sudah mulai popular di masyarakat pedesaan. Fenomena tersebut menjadi peluang bagi PT. Pos Indonesia untuk membangun bisnis layanan logistik dengan dibentuknya divisi integrasi logistik untuk mengelola semua aktivitas bisnis logistik. Namun pada kenyataannya kinerja pendapatan bisnis logistik PT. Pos Indonesia masih sangat kecil. Salah satu penyebab belum optimalnya kinerja bisnis logistik PT. Pos Indonesia adalah belum jelasnya konsep bisnis yang akan dilakukan. Pada penelitian ini usulan pengembangan bisnis rural logistics e-commerce dilakukan secara menyeluruh berdasarkan acuan utama Dong Haoping (2010) yaitu dalam mengembangkan bisnis rural logistics e-commerce dengan menggunakan jaringan pos yang dimiliki sampai daerah pedesaan. Hasil dari usulan konsep bisnis baru PT. Pos Indonesia adalah dengan mengembangkan model bisnis rural logistic yang diikuti dengan bisnis platform e-commerce dimana PT. Pos Indonesia berperan sebagai penyedia jasa logistik pedesaan. Dengan adanya jasa layanan rural logsitics e-commerce tersebut diharapkan memudahkan jangkauan masyarakat pedesaan maupun perkotaan untuk mendapatkan kebutuhan pokok mereka masing-masing dengan kestabilan harga dan ketersediaan barang yang dapat terkendali, disamping meningkatkan kinerja perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-08-13

Cara Mengutip

[1]
A. Gunawan, “USULAN PENGEMBANGAN BISNIS RURAL LOGISTICS E-COMMERCE DI PT. POS INDONESIA (PERSERO)”, jitter, vol. 6, no. 3, hlm. 194–201, Agu 2020.

Terbitan

Bagian

Articles