KAJIAN DATA MINING PROFIL SISWA BARU DALAM PENENTUAN STRATEGI PROMOSI DENGAN METODE TWO STEP CLUSTERING

Penulis

  • Iis Ismawati Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol5.iss3.2019.302

Kata Kunci:

Data Mining, Two Step Clustering, Strategi Promosi, Siswa Baru, Matriks BCG

Abstrak

Data yang disimpan dalam database pada umumnya belum dimanfaatkan secara maksimal. Sekolah setiap tahun melakukan promosi dengan biaya yang besar untuk kegiatan penerimaan siswa baru, tapi belum diketahui tingkat efektifitas dari kegiatan promosi yang dilakukan. Database penerimaan siswa baru dapat dimanfaatkan untuk mengetahui profil siswa baru dengan menerapkan metode two step clustering diakrenakan memiliki tipe data campuran yaitu tipe data numerik dan kategorikal. Klaster yang terbentuk kemudian dianalisis untuk dapat mengidentifikasi strategi promosi yang tepat. Data yang akan diteliti adalah data siswa baru tahun 2015, 2016 dan 2017 yang berjumlah 1399, dengan metodologi Cross-Industry Standart Process for Data Mining (CRISP-DM) yang terdiri dari enam tahapan yaitu Business Understanding, Data Understanding, Data Preparation, Modelling, Evaluation dan Deployment.
Melalui tahapan data preparation variabel yang digunakan berjumlah delapan variabel yaitu jenis kelamin, agama, kerja ayah, kerja ibu, penghasilan orang tua, kode jurusan, jarak ke sekolah dan jarak SMP. Pada penelitian ini data dikelompokan menjadi dua sampai empat klaster dengan tiga skema variabel, sehingga total didapatkan sembilan skema, yaitu skema 1.2 sampai skema 1.4 dengan 8 variabel. 2.2 sampai 2.4 dengan 6 variabel, dan 3.2 sampai 3.4 dengan 5 variabel. Pengujian dengan jumlah klaster yang berbeda dan variabel yang berbeda ditujukan untuk mendapatkan klaster yang menggambarkan profil siswa baru dengan tepat untuk strategi promosi yang akan direkomendasikan kepada pihak sekolah.
Hasil pengujian menunjukan bahwa siswa baru dengan klaster terbesar didominasi oleh laki-laki, jurusan TKJ, beragama islam dengan jarak rumah rata-rata 6.25-6.29 KM, Jarak SMP antara 12.61-12.69 KM, pekerjaan ayah wiraswasta, ibu tidak bekerja dengan penghasilan orang tua 2.000.000-4.999.999. Sedangkan klaster terkecil didominasi oleh perempuan pada jurusan Akuntansi, laki-laki pada jurusan RPL dan TKR, jarak rumah antara 5.11-736 KM, jarak SMP antara 8.16-20.12 KM, pekerjaan ayah wiraswasta, ibu tidak bekerja dengan penghasilan orang tua 2.000.000-4.999.999 untuk jurusan akuntansi, 500.000-999.999 untuk jurusan TKR, dan 1.000.000-1.999.999 untuk jurusan RPL. Strategi yang dilakukan berdasarkan analisis profil siswa baru yang didapatkan melalui metode two step clustering dan pemetaan menggunakan matriks BCG berdasarkan sembilan skema yaitu dengan membuat acara tahunan turnamen futsal, pelatihan perakitan laptop, entrepreneur day, perlombaan peragaan busana, pelatihan beauty class, dan pelatihan pemrograman dasar dimana pesertanya merupakan siswa SMP, dan pemberian potongan biaya pendidikan bagi siswa yang bertempat tinggal dalam satu kelurahan yang sama dengan sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-11-29

Cara Mengutip

[1]
I. Ismawati, “KAJIAN DATA MINING PROFIL SISWA BARU DALAM PENENTUAN STRATEGI PROMOSI DENGAN METODE TWO STEP CLUSTERING”, JITTER, vol. 5, no. 3, hlm. 47–59, Nov 2019.

Terbitan

Bagian

Articles