KLASIFIKASI KONTEN POST PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PERGURUAN TINGGI XYZ MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Penulis

  • Nova Agustina Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Andrian Cahyanto Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Joko Herwanto Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Ratih Ratnasari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Sintia Dewi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol6.iss1.2019.296

Kata Kunci:

Instagram, Na

Abstrak

Media sosial memiliki peran penting sebagai alat komunikasi untuk berbagi informasi dan saling terhubung. media sosial digunakan sebagai ruang untuk berinteraksi dengan orang berbagai kalangan. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu konten post yang bagaimana yang paling optimal dalam Online Engagement. Penelitian ini menggunakan data post yang diunggah oleh akun Instagram Perguruan Tinggi XYZ pada 22 September 2015 hingga 4 Juni 2019. Post yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 426 konten post. Uji  banding dilakukan untuk melihat perbedaan online engagement antara konten post. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe post dan waktu posting (bulan dan hari) memiliki pengaruh signifikan terhadap online engagement (like dan komentar). Sedangkan bulan yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap like dan komentar adalah bulan Maret, Juni, dan Juli. Hari Kamis, Jumat, dan Sabtu merupakan hari yang memiliki pengaruh signifikan terhadap like dan komentar.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-12-03

Cara Mengutip

[1]
N. Agustina, A. Cahyanto, J. Herwanto, R. Ratnasari, dan S. Dewi, “KLASIFIKASI KONTEN POST PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PERGURUAN TINGGI XYZ MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES”, JITTER, vol. 6, no. 1, hlm. 11–16, Des 2019.

Terbitan

Bagian

Articles