KLASIFIKASI KONTEN POST PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PERGURUAN TINGGI XYZ MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol6.iss1.2019.296Kata Kunci:
Instagram, NaAbstrak
Media sosial memiliki peran penting sebagai alat komunikasi untuk berbagi informasi dan saling terhubung. media sosial digunakan sebagai ruang untuk berinteraksi dengan orang berbagai kalangan. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu konten post yang bagaimana yang paling optimal dalam Online Engagement. Penelitian ini menggunakan data post yang diunggah oleh akun Instagram Perguruan Tinggi XYZ pada 22 September 2015 hingga 4 Juni 2019. Post yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 426 konten post. Uji banding dilakukan untuk melihat perbedaan online engagement antara konten post. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe post dan waktu posting (bulan dan hari) memiliki pengaruh signifikan terhadap online engagement (like dan komentar). Sedangkan bulan yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap like dan komentar adalah bulan Maret, Juni, dan Juli. Hari Kamis, Jumat, dan Sabtu merupakan hari yang memiliki pengaruh signifikan terhadap like dan komentar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.