PERENCANAAN BISNIS MERCHANDISE RESMI UNIVERISTAS ABC DENGAN MENGGUNAKAN TIMMONS MODEL

Penulis

  • Annisa Maharani Suyono Universitas Widyatama
  • Obsatar Sinaga Universitas Widyatama
  • Tezza Adriansyah Anwar Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol5.iss2.2019.277

Kata Kunci:

mind brand, merchandise, model Timmons

Abstrak

Citra perusahaan merupakan hal yang penting karena berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk. Sama halnya pada perguruan tinggi atau universitas, universitas merupakan institusi dimana perguruan tinggi mencari mahasiswa seperti perusahaan yang mencari konsumen. Salah satu banding university yang dapat dilakukan adalah melalui merchandise. Dalam hal ini, Universitas ABC berencana untuk mendirikan toko merchandise resmi sebagai salah satu usaha untuk menciptakan mind brand atau memasukan brand kampus kepada setiap hati orang yang melihat dan juga menaikan rasa ingin tahu setiap orang mengenai Universitas ABC. Saat ini, jumlah target pasar mencapai 11.485 orang, terdiri dari 96% mahasiswa dan 4% dosen serta karyawan. Jumlah tersebut merupakan peluang pasar yang cukup tinggi untuk toko merchandise resmi Universitas ABC. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur dengan tim pendiri dan pengelola serta dokumentasi dengan mengumpulkan data internal perusahaan yang telah tersedia yang berkaitan dengan toko merchandise. Pada penelitian ini akan dilakukan kelayakan usaha menggunakan kriteria kewirausahaan menurut Timmons. Secara teori, Model Timmons dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha dengan memperhatikan faktor peluang, sumber daya dan tim. Posisi bisnis menurut hasil EFAS (0.93) dan IFAS (0.79) berada pada kuadran I yang mendukung strategi agresif. Bisnis toko merchandise resmi ini layak dan termasuk dalam kondisi bisnis yang berpotensi tinggi untuk dilaksanakan dan dikembangkan menurut hasil quick screen kriteria Timmons. Hasil perhitungan proyeksi keuangan yang memperoleh kategori potensi tinggi yaitu, IRR sebesar 84%, Gross Profit Margin sebesar 32%, Net Profit Margin sebesar 20% dan ROI sebesar 48%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-10-11

Cara Mengutip

[1]
A. M. Suyono, O. Sinaga, dan T. A. Anwar, “PERENCANAAN BISNIS MERCHANDISE RESMI UNIVERISTAS ABC DENGAN MENGGUNAKAN TIMMONS MODEL”, jitter, vol. 5, no. 2, hlm. 32–39, Okt 2019.

Terbitan

Bagian

Articles