PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN KELOMPOK EKONOMI KREATIF PUSAKA DENGAN METODE COCHRAN, AHP, DAN SWOT DI KABUPATEN CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.33197/jitter.vol9.iss3.2023.1290Kata Kunci:
produk unggulan, cochran (Q Test), AHP, SWOT, produk makanan jiwelAbstrak
Usaha kecil di Kelopok Ekonomi Kretaif Pusaka mengalami pertumbuhan yang cukup baik, namun saat ini belum teridentifikasi jenis usaha yang menjadi produk unggulan. Sehingga kesulitan untuk melakukan pengembangan karena belum focus pada satu jenis usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis produk unggulan di Kelompok Ekonomi Kreatif Pusaka dan strategi pengembangannya. Metode yang digunakan adalah Cochran (Q Test), AHP, dan SWOT. Hasil penelitian diperoleh prioritas dengan nilai bobot 0,44064 yaitu Produk Makanan Jiwel merupakan produk unggulan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi pengembagan Produk Makanan Jiwel adalah Strategi Progresif, yaitu perusahaan dalam kondisi prima dan mantap.sehingga dimungkinkan untuk pengembangan dalam memperbesar dan menumbuhkan perusahaan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 MAMAN HILMAN MAMAN, Eky Aristriyana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.