PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN KELOMPOK EKONOMI KREATIF PUSAKA DENGAN METODE COCHRAN, AHP, DAN SWOT DI KABUPATEN CIAMIS

Penulis

  • MAMAN HILMAN MAMAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
  • Eky Aristriyana Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol9.iss3.2023.1290

Kata Kunci:

produk unggulan, cochran (Q Test), AHP, SWOT, produk makanan jiwel

Abstrak

Usaha kecil di Kelopok Ekonomi Kretaif Pusaka mengalami pertumbuhan yang cukup baik, namun saat ini belum teridentifikasi jenis usaha yang menjadi produk unggulan. Sehingga kesulitan untuk melakukan pengembangan karena belum focus pada satu jenis usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis produk unggulan di Kelompok Ekonomi Kreatif Pusaka dan strategi pengembangannya. Metode yang digunakan adalah Cochran (Q Test), AHP, dan SWOT. Hasil penelitian diperoleh prioritas dengan nilai bobot 0,44064 yaitu Produk Makanan Jiwel merupakan produk unggulan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi pengembagan Produk Makanan Jiwel adalah Strategi Progresif, yaitu perusahaan dalam kondisi prima dan mantap.sehingga dimungkinkan untuk pengembangan dalam memperbesar dan menumbuhkan perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-16

Cara Mengutip

[1]
M. H. MAMAN dan E. Aristriyana, “PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN KELOMPOK EKONOMI KREATIF PUSAKA DENGAN METODE COCHRAN, AHP, DAN SWOT DI KABUPATEN CIAMIS”, JITTER, vol. 9, no. 3, Agu 2023.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama