MANAJEMEN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM OPTIMALISASI PERDAGANGAN INDONESIA DI MASA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33197/bes.vol1.iss1.2021.650Kata Kunci:
covid19, ict, indonesia, manajemen, perdaganganAbstrak
Tulisan ini akan mengulas mengenai manajemen pada Information dan Communication Technology (ICT) guna optimalisasi perdagangan di Indonesia di masa Covid-19. Masa ini yang semua serba membatasi
kontak langsung, sebagian besar interaksi yang terjalin secara virtual atau dalam jaringan (daring). Aktivitas digital adalah satu-satunya cara untuk bertahan dalam pembatasan aktivitas oleh pemerintah,
termasuk pada sektor perdagangan. Instruksi untuk beralih dalam pola digitalisasi bukan hal baru, melainkan hanya dibawa ke implementasi yang lebih intensif lagi. Adanya Covid-19 telah mempercepat
suatu transformasi, sebagaimana telah dibuktikan dalam sektor perdagangan yang mengalami digitalisasi. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha untuk menjelaskan bagaimana mengelola ICT dengan baik akan dapat mengoptimalkan perdagangan yang mengalami inkonsistensi pada awal-awal masa Covid-19. Untuk menjelaskan fenomena tersebut, penulis akan menggunakan kerangka manajemen, ICT dan perdagangan dalam batasan pengamatan yaitu di masa Covid-19. Perdagangan dengan dukungan ICT menjadi sebuah aktivitas perdagangan digital, sehingga menjadi salah satu fenomena kekinian yang perlu didiskusikan. Hasil dari tulisan ini dengan didukung perolehan data kepustakaan menunjukkan adanya peningkatan konsumen terhadap penyedia layanan digital secara signifikan di berbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia. Dengan begitu, masa ini sebagai isu kontemporer dalam kaitannya dengan manajemen dan ICT, tetap dapat dihadapi oleh Indonesia dengan adaptasi perdagangan secara digitalisasi.